Makro

Ini agenda DPR dalam membahas RAPBNP 2013

Ameidyo Daud

Rabu,  22 Mei 2013  −  17:43 WIB
Ini agenda DPR dalam membahas RAPBNP 2013
Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Setelah rapat pada tanggal 22 Mei antara Menteri Keuangan M. Chatib Basri, Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan Deputi Gubernur Senior BI Perry Warjiyo dengan Banggar DPR maka selama kurang lebih satu bulan ke depan sampai tanggal 17 Juni 2013 DPR akan bersidang untuk membahas RAPBNP 2013.

Berikut jadwal Pembahasan RUU APBNP 2013 yang dilansir Sindonews dari Sekretariat Banggar DPR RI:

Pada tanggal 23 - 27 Mei akan diadakan rapat seluruh Komisi DPR dengan mitranya yaitu Kementerian/Lembaga tentang pembahasan asumsi dasar dan pembahasan perubahan RKA perubahan APBN TA 2013.

Setelah itu pada tanggal 30/31 Mei Komisi akan menyampaikan hasil rapat kerja dengan K/L tentang pembahasan perubahan RKA-KL mengenai Perubahan APBN TA 2013. Dan akan dilanjutkan pada tanggal 3 Juni melalui Raker dengan Menkeu, Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Gubernur BI tentang pembahasan asumsi dasar RUU APBNP 2013 hasil seluruh komisi.

Tanggal 4-7 Juni akan diadakan Rapat Panja Asumsi Dasar, Pendapatan, Defisit dan Pembiayaan dalam RUU Perubahan APBN TA 2013. Dan tanggal 10-11 Juni 2013 diadakan kembali Rapat Panja berupa Panja Belanja Pemerintah Pusat dan Panja Transfer ke Daerah.

Komisi akan kembali melakukan raker dengan seluruh K/L mitra kerjanya pada tanggal 12 Juni tentang penyempurnaan perubaha RKA K/L 2013 sesuai hasil pembahasan Banggar. Dilanjutkan dengan Rapat Tim Perumus Draft RUU Perubahan APBN TA 2013 di tanggal yang sama.

Keesokan harinya pada tanggal 13 Juni akan disampaikan hasil penyempurnaan RKA K/L oleh seluruh komisi dan mitra kerjanya kepada Banggar dan Menkeu. Dan akan diadakan juga Rapat Internal Banggar untuk menyinkronkan hasil panja-panja dan tim perumus Draft RUU perubahan APBN TA 2013 di hari yang sama.

Penyampaian laporan dan pengesahan hasil panja-panja dan tim perumus Draft RUU Perubahan APBN TA dilakukan keesokan harinya (14 Juni) dalam raker antara Banggar dan Menkeu serta Gubernur BI, di raker tersebut akan disampaikan pendapat fraksi dan pemerintah untuk selanjutnya akan diambil keputusan untuk dilanjutkan ke Tingkat II tentang RUU Perubahan APBN TA 2013.

Pembahasan ini akhirnya akan selesai di tanggal 17 Juni dimana Banggar akan menyampaikan laporan hasil pembahasan Tingkat I RUU Perubahan APBN TA 2013. Pernyataan persetujuan atau penolakan oleh fraksi dan penyampaian pendapat akhir Pemerintah akan dilakukan pada tanggal ini.

 

(gpr)

shadow