Sektor Riil

Pemkot Depok jamin proyek tol Desari berjalan cepat

Sabtu,  14 Juli 2012  −  15:14 WIB
Pemkot Depok jamin proyek tol Desari berjalan cepat
ilustrasi Foto: Okezone

Sindonews.com – Pemerintah Kota Depok bakal segera melaksanakan ganti rugi pembebasan lahan warga yang terkena dampak pembangunan tol Depok – Antasari (Desari). Sebab Pemerintah Kota Depok menargetkan tahun 2014 tol Desari bakal mulai beroperasi tahap awal.

Asisten Tata Praja Kota Depok Sayid Cholid mengatakan pembangunan tol Desari saat ini terus fokus pada pembebasan lahan. Musyawarah ganti rugi bakal dilakukan mulai pekan depan oleh Pemkot Depok.

“Musyawarah ganti rugi segera dilakukan Senin pekan depan, kami akan rapat bersama ratusan warga yang terkena pembebasan lahan, pembahasan pada tahap awal bagi masyarakat Krukut, Gandul, Pangkalan Jati,” tuturnya kepada wartawan, kemarin.

Sayid menambahkan jika terjadi kesepakatan, maka Tim Pembebasan Tanah (TPT) dan Panitia Pengadaan Tanah (P2T) mulai bisa bekerja. Ia berharap hasil musyawarah nanti tidak berjalan alot. “Doakan saja berjalan lancar, kalau setuju dengan harga yang ditawarkan maka TPT dan P2T bisa mulai bekerja,” tegasnya.

Ia menambahkan nantinya tol Desari akan bersinergi dengan jalan layang non-tol Blok M–Antasari. Ia meyakini pembangunan akan sesuai rencana awal.

“Ini progressnhya akan cepat, kalau harga disepakati, pembebasan lahan lancar, tinggal bangun bersinergi langsung ke Antasari,” ungkapnya.

Sebelumnya Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU), Hermanto Dardak saat mengunjungi Depok mengatakan, proses pembebasan lahan Tol Depok-Antasari (Desari) segera diselesaikan. Hal itu berdasarkan Peraturan Presiden No 65 tahun 2006 yang merupakan perubahan dari Perpres No 36 tahun 2005 tentang Pembebasan Lahan Untuk Kepentingan Umum. Perpres itu yang digunakan untuk proses pembebasan lahan.

Sebanyak 3.213 ruas bidang tanah di delapan kelurahan akan dibebaskan. Delapan kelurahan yang terkena Tol Desari yaitu Kelurahan Pangkalan Jati (436), Gandul (98), Krukut (720), Grogol (402), Rangkapan Jaya Lama (327), Rangkapan Jaya Baru (572), Cipayung (375) dan Cipayung Jaya (278). Tol Desari nantinya akan menghubungkan antara Depok dan sejumlah kawasan di Jakarta Selatan. Antara lain, Cilandak Barat dan Timur, Pondok Labu serta Ciganjur. Pembebasan lahan ditargetkan selesai pada 2013.
 
Pembebasan lahan dibagi dalam dua tahap. Pertama untuk wilayah Jakarta Selatan dan Depok yang ditargetkan antara Mei 2011-Februari 2013. Tahap dua yaitu Depok-Bogor yang ditargetkan pada Maret 2012 hingga Desember 2013.





(and)

views: 2.300x
shadow