Makro

Realisasi Mobnas tunggu laporan tim ahli SBY

Senin,  23 Juli 2012  −  12:58 WIB
Realisasi Mobnas tunggu laporan tim ahli SBY
Ilustrasi

Sindonews.com - Pemerintah semakin menunjukkan keseriusannya dalam mendukung realisasi program mobil nasional. Kendati demikian, untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, pemerintah masih menunggu laporan tim ahli yang sebelumnya dibentuk Presiden.

"Tim yang dibentuk Presiden ketemu dengan ITB (Universitas Teknologi Bandung), UGM (Universitas Gajah Mada), UI (Universitas Indonesia). Tim diminta melaporkan ke Presiden dalam 3 bulan. Tapi sebelumnya tim itu akan melaporkan ke Menko berkaitan dengan regulasi dan insentifnya," terang Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Hatta Rajasa, saat dijumpai wartawan di kantornya, Jakarta, Senin (23/7/2012).

Munurutnya, pemerintah masih harus mendalami upaya produksi masal mobil nasional agar dalam pelaksanaannya kelak dapat lebih matang dan terencana dengan baik.

"Industri naisonal ini yang harus kita koordinasikan insentifnya seperti apa. Jadi kalau produksi mobil tidak sederhana. Kan kita tidak bicara hanya prototipe, kita bicara bagaimana industri dalam arti keseluruhan," terangnya.

Kalau prototipe, kata Hatta, sudah banyak di berbagai universitas dan institusi. "UI punya, ITB juga, LIPI, Inka di bawah Menperin juga punya prototipe. Tapi kan itu harus diuji kelaikannya, bagaimana dengan sefety sustainibility chargernya. Sehingga nanti bisa didapat sesuatu yang aman digunakan masyarakat," papar Hatta.

Hal-hal tersebut lah, terang Hatta lagi, yang akan dilaporkan di bawah Menristek dan Mendikbud di tiga kementerian. "Investasi akan kita bicarakan setelah ada laporan ini," simpul Hatta.


(gpr)

views: 807x
shadow