Awal pekan, IHSG bakal dikipas angin segar

Senin, 30 Juli 2012 - 08:12 WIB
Awal pekan, IHSG bakal dikipas angin segar
Awal pekan, IHSG bakal dikipas angin segar
A A A
Sindonews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan kembali melanjutkan penguatan yang terjadi pada dua hari terakhir pekan lalu. Meski sempat bergerak flutuatif, namun IHSG pekan ini akan mendapat angin segar yang dapat menggerakkan indeks di zona hijau.

"Dua hari ini aromanya positiv ya, dan saya kira untuk perdagangan hari senin dan beberapa hari kedepan juga masih ada aroma-aroma positiv," terang pengamat pasar modal dari Finance Corp Indonusa, Edwin Sinaga kepada Sindonews, Senin (30/7/2012).

IHSG pada penutupan perdagangan pekan lalu mencatatkan hasilmenggembirakan. IHSG, pada akhir perdagangan Jumat (27/7/2012) menguat 79,44 poin atau 1,95 persen ke 4.084,2. Kondisi tersebut diprediksi akan relatif stabil pada pembukaan perdagangan hari ini.

Pada perdagangan yang berlangsung sepanjang pekan lalu, pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) terpantau berlangsung mulus. Terlihat dari total pergerakan indeks selama sepekan kemarin itu indeks berhasil menguat sekitar 1,53 persen ke level 4.081,20.

Berbagai faktor memang memperlihatkan dampak postif yang membuat pasar menjadi sedikit bergairah seperti yang diungkap rigit oleh berbagai media massa. Seperti terlihat faktor menguatnya bursa global, keputusan BI untuk tetap mempertahankan BI rate di level 5,75 persen, dan mulai keluarnya beberapa laporan kinerja keuangan emiten semeter I – 2012 (kuartal II).

Edwin mengaku sentimen negatif terkait perekonomian dunia, terutama Eropa, memang akan menghantui indeks. Namun sejumlah sektor akan menjadi pendorong penguatan IHSG pekan ini. Edwin memprediksi support level pergerakan IHSG hari ini berada di level 4.045-4.060.

Adapun pemicunya, kata Edwin, adalah menguatnya sektor perbankan dalam negeri yang memang belakangan memperlihatkan pergerakan yang positif. "Saya kira lidingnya masih di sektor perbankan ya. BRI bagus, Mandiri bagus, BCA dan BNI 46 juga keliatan bagus," terangnya lagi.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9755 seconds (0.1#10.140)