Luhut Berang Ada Bisnis Batu Bara di Candi Muaro Jambi: Izin Bisa Dicabut!

Kamis, 20 Januari 2022 - 12:24 WIB
loading...
Luhut Berang Ada Bisnis Batu Bara di Candi Muaro Jambi: Izin Bisa Dicabut!
Menko Marves Luhut Pandjaitan (kiri). Foto/Dok SINDOnews/Sutikno
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berang mendengar ada kegiatan usaha batu-bara yang dijalankan di kawasan cagar budaya di Jambi.

Hal itu mengemuka saat Luhut memimpin rapat koordinasi pengembangan Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi, provinsi Jambi, Rabu (19/1/2022).



Dalam rapat koordinasi tersebut terungkap sejumlah persoalan industri yaitu penumpukan (stockpile) atau adanya kegiatan batu bara di kawasan situs bersejarah KCBN, di mana di kawasan ini terdapat situs bersejarah yaitu Candi Muaro Jambi.

"Ini (industri batu bara) enggak boleh ada di kawasan bersejarah, jadi nanti izinnya bisa dicabut. Ini tidak boleh ditoleransi," tegas Luhut dikutip dari pernyataan virtual, Kamis (20/1/2022).



Luhut pun meminta industri penumpukan batu bara di kawasan KCBN harus segera dipindahkan. Hal ini untuk menjadikan KCBN Muarajambi sebagai destinasi berkualitas. "Kayak mana caranya, pokoknya pindahin itu stockpile batu bara. 2-3 bulan ini harus selesai," tandasnya.

Luhut telah mengutus deputinya untuk memimpin rapat lanjutan guna menerjemahkan setiap program. Terdapat sekitar 10 lintas sektoral kementerian dan instansi yang akan terlibat dalam pengembangan kawasan percandian Muarajambi, termasuk mengatasi persoalan industri di kawasan itu.



"Yang pertama kita akan minta untuk memindahkan semua stockpile batu bara di kawasan itu. Jangan ada lagi karena ini kawasan Muarajambi," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)