Sektor Riil

PTBA segera buka perekrutan karyawan baru

Kamis,  18 Oktober 2012  −  18:04 WIB
PTBA segera buka perekrutan karyawan baru
Ilustrasi

Sindonews.com - PT Bukit Asam (Persero)Tbk atau PTBA akan segera membuka penerimaan tenaga kerja baru. Direncanakan, sedikitnya 306 tenaga kerja baru akan direkrut.

Direktur Umum dan Sumber Daya Manusian (SDM) PTBA  Maizal Gazali mengatakan,selain untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang ada, penerimaan ini juga untuk meregenerasi karyawan PTBA yang rata-rata telah berusia di atas 45 tahun. untuk saat ini, jumlah karyawan yang pensiun di PTBA sekitar 70 sampai 80 orang per tahun.

Menurut Maizal, penerimaan ini terbuka untuk umum, dan akan merekrut sebanyak 306 tenaga kerja baru. Masing-masing 25 orang untuk lulusan S1, enam orang untuk tenaga medis, 75 orang untuk lulusan D3, dan  200 orang untuk lulusan SMA/Sederajat. Sedangkan untuk tenaga kontrak (outsourcing) akan di sediakan kuota sebanyak 60 orang untuk 12 bidang jabatan.

"Terakhir, perekrutan tenaga kerja dilaksanakan pada tahun 2009. Yakni dengan menerima sebanyak 118 tenaga kerja. Bahkan, untuk lulusan SMA/Sederajat perekrutan tidak pernah lagi di lakukan sejak 1995," ujar Maizal dalam kegiatan sosialisasi penerimaan tenaga kerja baru PTBA pada  Kamis (18/10) di Ruang Rapat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim, Kamis (18/10/2012).

Menurut Maizal, perekrutan tenaga kerja ini akan dilakukan secara adil dan tidak ada kecurangan di dalamnya. Untuk itu, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi Pemkab Muaraenim dan stakeholder lainnya. Tujuannya, untuk menyamakan persepsi sehingga suasana penerimaan karyawan ini bisa kondusif.

"PTBA menjamin dalam penerimaan tenaga kerja baru ini,tidak akan ada kecurangan dan akan berlangsung secara adil," tegas Maizal

Dalam hal, lanjut dia, dalam perekrutan tenaga kerja ini, PTBA telah menunjuk Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Universitas Sriwijaya (Unsri) guna  menyeleksi para calon karyawan. "Dalam prosesnya seleksi akan di laksanakan oleh pihak PPJK Unsri," ungkapnya.

Staff PPJK Unsri, Irfan Jambak menuturkan,tahap pengumuman rekrutmen PTBA nantinya akan disebar di media massa nasional maupun lokal, di website PPJK Unsri,lembar pengumuman di kantor Kecamatan, serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) baik untuk Kabupaten Muaraenim ataupun Lahat.

"Sedangkan untuk pengumuman tenaga outsourcing bisa dilihat di koperasi atau perusahaan outsourcing PTBA," paparnya.


(gpr)

views: 26.755x
shadow