Ekonomi Dunia

Pertumbuhan ekonomi China 7,4%

Jum'at,  19 Oktober 2012  −  10:25 WIB
Pertumbuhan ekonomi China 7,4%
Ilustrasi

Shindonews.com - China mencatat Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) pada kuartal III-2012 turun dari kuartal sebelumnya, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 7,4 persen. Pertumbuhan ini menjadi pertumbuhan paling lambat dalam satu dekade.

Penurunan ini bukan hard landing seperti yang ditakuti, tetapi cukup membuat khawatir partai yang berkuasa menjelang transisi politik.

Perdana Menteri China Wen Jiabao mengatakan, ekonomi telah stabil dan masih di jalur untuk mencapai pertumbuhan tahunan 7,5 persen yang ditargetkan.

Data bulanan yang dirilis kemarin, mendukung pernyataannya bahwa masa terburuk telah berakhir. Pasalnya, produksi industri pada September pulih dari kejatuhan bulan sebelumnya dan penjualan ritel tumbuh 14,2 persen secara year-on-year.

Melansir Forbes, Jumat (19/10/2012), sebagian besar analis mengatakan mereka memperkirakan pertumbuhan China tetap pada tingkat saat ini. Adapun bila pertumbuhan naik, maka akan terbatas dan bukan dua digit seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Melemahnya PDB China, telah diramalkan pada kuartal II lalu, dan terjadi pada kuartal ketiga. Namun, pada kuartal IV, PDB China diperkirakan dapat mencapai target 7,5 persen.

China, saat ini masih berpotensi tumbuh tujuh sampai delapan persen dan masih memungkinkan untuk menciptakan lapangan kerja. Namun, pertanyaan besarnya adalah, apakah perlambatan akan membawa China ke era PDB enam persen.


(gpr)

views: 1.151x
shadow