Sektor Riil

Lomba agribisnis sapi potong

Kelompok ternak Muaraenim wakili Sumsel

Jum'at,  19 Oktober 2012  −  20:08 WIB
Kelompok ternak Muaraenim wakili Sumsel

Sindonews.com - Kelompok tani ternak Bina Lestari I Desa Pajar Indah Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim terpilih untuk mewakili Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam lomba agribisnis sapi potong tingkat nasional. Sebelumnya, kelompok tani ini telah melewati tahapan seleksi secara berjenjang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muaraenim,Taufik Rahman mengatakan, capaian tersebut patut diapresiasi. Sebelumnya, kelompok ternak ini telah melalui seleksi mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten dan terakhir provinsi.

Sehingga, keikutsertaan kelompok ternak Bina Lestari I memang sudah menjadi kewajiban pemerintah sebagai fasilitator. Tujuannya, untuk mempercepat perkembangan kelompok ternak sapi potong ke arah yang lebih besar dan profesional.

"Terkait hal ini, Pemkab Muaraenim, sangat mendukung keikutsertaan kelompok ternak Bina Lestari I," ujar Taufik saat membuka lomba kelompok tani agribisnis sapi potong di Lapangan Sepakbola, Desa Pajar Indah, Kecamatan Gunung Megang, Jumat (19/10/2012).

Taufik menuturkan, keberadaan kelompok-kelompok ternak sapi potong yang ada di Muaraenim, diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap program pencapaian swasembada daging sapi/kerbau (PSDS/K) tahun 2014. Dalam hal ini, peningkatan penyediaan pangan hewani yang aman sehat utuh dan halal sesuai dengan yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

Ketua Tim Penilaian Lomba Kelompok Tani Agribisnis Sapi Potong Tingkat Nasional dari Departemen Pertanian RI, Andreas Herdi, menuturkan, peserta diikuti oleh 33 Provinsi. Dimana, kelompok ternak Bina Lestari I. Berhasil masuk dalam sepuluh besar.

Hal ini, merupakan suatu capaian yang sangat baik. "Setelah teknis penilaian tahap ini, selanjutnya tim akan bergerak ke penilaian di lokasi lain atau provinsi lainnya," ungkapnya.

Sementara Ketua Kelompok Ternak Bina Lestari I, Nurudin mengungkapkan kelompok ternak Bina Lestari I telah berdiri sejak tahun 2006. Hingga saat ini, sudah ada 144 ekor sapi dengan jenis Brahman, Simental, PO, Limousin dan Bali. "Untuk lomba kali semua jenis sapi kita  diikutsertakan," ucapnya.


(gpr)

views: 1.120x
shadow