Sektor Riil

Masalah perburuhan, Apindo VS 100 serikat pekerja

Senin,  5 November 2012  −  10:24 WIB
Masalah perburuhan, Apindo VS 100 serikat pekerja
Ilustrasi

Sindonews.com - Permasalahan upah buruh telah menjadi pelik lantaran tidak adanya titik temu antara buruh dengan para pengusaha. Pemerintah pun diminta menjadi mediator, dan menetapkan payung hukum yang jelas.

Juru bicara Menakertrans, Dita Indah Sari mengatakan, serikat pekerja harus membuat satu kesatuan dalam menyalurkan aspirasinya. Menurut dia, jika ada kesatuan aspirasi, maka para pengusaha dapat lebih mudah dalam mengakomodir permasalahan.

"Sekarang serikat pekerja ada 100 lebih, dengan berbagai aspirasi mereka. Sementara Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) hanya satu suara lewat Pak Sofyan Wanandi," kata dia dalam Sindo Radio Hot Topic di Jakarta, Senin (6/10/2012).

Ketua Umum Himpunan Alat Berat Indonesia (Hinabi), Pratjojo Dewo, menilai pemerintah harus membenahi aturan yang ada. Menurut dia, jika aturan tidak dibenahi, bukan tidak mungkin terjadi dead lock di kedua pihak.

"Harus ada win-win solusiton. Jangan sampai pengusaha lock out, buruh juga lock out nasional. Itu bukan win-win namanya," kata dia.

Ketua Advokasi Kebijakan Publik Apindo, Antony Hilman mengungkapkan, demo yang dilakukan buruh ini telah membawa suasan negatif bagi para pengusaha.

"Mereka (pengusaha) sudah terganggu bahkan tersakiti, untuk menciptakan lapangan kerja yang baik," tukas dia.


(gpr)

views: 1.376x
shadow