Sektor Riil

Migas sumbang 30% penerimaan negara

Senin,  5 November 2012  −  11:45 WIB
Migas sumbang 30% penerimaan negara
Ilustrasi

Sindonews.com - Pemerintah mengaku sumber-sumber energi fosil yang merupakan sumber energi konvensional masih menjadi sumber utama penerimaan negara yang saat ini menyumbang hampir 30 persen dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2012.

"Sampai saat ini, migas (minyak dan gas), yang katanya sumber energi konvensional tetap masih merupakan tulang punggung penerimaan negara hampir 25-30 persen," ujar Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Evita H. Legowo di Graha Bima Sena, Jakarta (5/11/2012).

Dia menyebutkan, kendati masih menjadi sumber utama pemasukan negara, tampaknya berbagai kalangan juga mulai melirik semakin pentingnya sumber pemasukan selain minyak bumi, dalam hal ini gas bumi yang teknologinya semakin berkembang. "Jadi makin penting migas dalam penerimaan negara," sambungnya.

Semakin pentingnya untuk memperhatikan sumber pemasukan selain minyak bumi, kata Evita, mmengingat produksi minyak bumi yang belakangan mengalami penurunan lantaran cadangan energi yang juga semakin berkurang.

"BP Migas berusaha untuk mempertahankan penurunan rata-rata (decline rate) yang hampir mencapai 12 persen. Dengan segala upaya jadi 3 persen," kata Evita.


(rna)

views: 712x
shadow