Sektor Riil

Mentan akui distribusi sapi NTT-Jakarta bermasalah

Senin,  26 November 2012  −  15:48 WIB
Mentan akui distribusi sapi NTT-Jakarta bermasalah

Sindonews.com - Sudah sepekan lebih DKI Jakarta dan sekitarnya mengalami kelangkaan pasokan daging sapi. Salah satu penyebab kelangkaan ini ialah buruknya sarana perhubungan antara Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan salah satu lumbung sapi dengan Provinsi DKI Jakarta.

"Memang sepenuhnya kapal untuk angkut sapi problem kita ini dari NTT ke Jakarta," ungkap Menteri Pertanian Suswono setelah mengikuti RDP dengan Komisi IV di Gedung DPR, Jakarta, Senin (26/11/2012).

Sebelumnya, pada Jumat (23/11/2012) lalu, Komite Daging Sapi Jakarta Raya (KDS Jakarta) menyebut masalah pengiriman sapi dari wilayah NTT ke DKI Jakarta sebagai contoh buruknya infrastruktur pendukung ketahanan pangan daging sapi di Indonesia.

"Sekarang katanya ada 50 ribu ekor sapi dari NTT mau dibawa ke Jakarta, dibawanya naik apa? Katanya mau sewa kapalnya Angkatan Laut (TNI-AL), mana mau Angkatan Laut?," ujar Ketua Umum KDS Jakarta Sarman Simanjorang akhir pekan kemarin.

Karena itu, Sarman meminta pemerintah untuk terlebih dahulu mempersiapkan berbagai hal sebelum memutuskan untuk mengurangi impor sapi secara besar-besaran, salah satunya ialah infrastruktur.

"Untuk menuju swasembada itu banyak infrastruktur yang perlu diperbaiki. Ngangkut sapi aja masih masalah," simpul dia.


(gpr)

views: 815x
shadow