Sektor Riil

PU mulai pembangunan tol Cisumdawu

Kamis,  29 November 2012  −  17:03 WIB
PU mulai pembangunan tol Cisumdawu
Ilustrasi

Sindonews.com - Pembangunan jalan bebas hambatan (tol) Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) tahap I hari ini telah resmi dimulai. Peresmian dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dengan membunyikan sirine di lokasi pekerjaan interchange Rancakalong, Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Saya minta pekerjaan ini tepat waktuya, syukur lebih cepat, ini (tol Cisumdawu) sudah dibicarakan sejak 2005 dan kontrak November 2011 sekarang (2012-red) baru bisa dimulai karena harus menyelesaikan masalah administrasi," kata Djoko Kirmanto saat sambutan, di lokasi pekerjaan interchange Rancakalong, Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (29/11/2012).

Djoko mengatakan, pekerjaan jalan tol ini merupakan bagian dari rencana pembangunan jalan tol yg tercantum dalam rencana strategis (Renstra) Kementerian PU 2010-2012, untuk menambah jaringan jalan tol di pulau Jawa, dan mengurangi kemacetan.

Selain itu, Djoko juga berharap pembangunan tol Cisumdawu menjadi sarana pembelajaran dan pelatihan bagi rencana pembangunan jalan dan jembatan seluruh Indonesia.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Djoko Murjanto dalam laporannya menerangkan, pembangunan tahap I ini mempunyai panjang 6,3 kilometer (km) dengan nilai kontrak Rp1,022 triliun dengan pendanaan 90 persen pinjaman China dan 10 persen APBN murni dan diharapkan selesai pengerjaannya 2014.

Sedangkan pekerjaannya sendiri dikerjakan oleh konsorsium Shanghai Construction Group (China) dengan Wijaya Karya dan Waskita.

"Keseluruhan tol Cisumdawu mempunyai panjang 60,28 km, dengan kebutuhan biaya Rp5 triliun dan terbagi menjadi 6 seksi pembangunan seksi I Cileunyi-Tanjungsari sepanjang 9,80 km, seksi dua Tanjungsari-Sumedang sepanjang 17,51 km, Sumedang-Cimalaka 3,73 Km, Cimalaka-Legok 6,96 km, Legok-Ujungjaya 16,35 km, dan seksi enam Ujungjaya-Kertajati sepanjang 4 km," kata Djoko Murjanto

Djoko Murjanto menambahkan, pembangunan jalan tol Cisumdawu sepanjang 60,28 km ini akan menghubungkan Bandung dengan rencana pembangunan Bandara Internasional Kertajati dan tol Cikampek-Palimanan serta diharapkan akan mempersingkat waktu tempuh Bandung-Sumedang menjadi 15 menit (saat ini 2 jam) sekaligus juga sebagai pengamanan aset nasional ruas jalan Cadas Pangeran.

Selain Menteri PU dan Dirjen Bina Marga, pelaksanaan peletakan batu pertama tol Cisumdawu juga dihadiri oleh anggota Komisi V DPR RI Eldie Suwandie, DPD RI profesor Surya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Masrianto, Kepala Badan Pengelola Jalan Tol Ahmad Ghani Ghazali dan Kepala Pusat Komunikasi Publik Waskito Pandu.


(rna)

views: 1.610x
shadow