Meme Kedubes AS di Ukraina Bikin Gerah Rusia, Cek Fakta Lengkapnya

Rabu, 23 Februari 2022 - 09:05 WIB
loading...
Meme Kedubes AS di Ukraina Bikin Gerah Rusia, Cek Fakta Lengkapnya
Gambar meme dari Kedubes AS di Ukraina menyindir Moskow masih berupa hutan saat Kiev sudah maju. Foto/twitter
A A A
MOSKOW - Julukan Kiev mungkin adalah "Ibu Kota Rus" karena peran kunonya sebagai tempat lahirnya peradaban Ukraina, Rusia, dan Belarusia, tetapi Moskow-lah yang mendapatkan julukan Roma Ketiga.

Keduanya adalah bagian dari satu sejarah yang membanggakan.

Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Ukraina, yang saat ini berlokasi di Lvov, mengunggah tweet gambar meme pada Senin (21/2/2022) yang menyoroti masa kebesaran ibukota Ukraina di Kiev dibandingkan dengan Moskow.



Postingan itu dimaksudkan untuk menyindir Rusia setelah komentar Presiden Rusia Vladimir Putin tentang persatuan bersejarah Rusia dan Ukraina, dan bagaimana Bolshevik mencoba merusaknya dengan membentuk Ukraina menjadi republik yang terpisah.



“Sejak dahulu kala, orang-orang yang tinggal di barat daya dari apa yang secara historis adalah tanah Rusia menyebut diri mereka orang Rusia dan Kristen Ortodoks,” papar Putin.



Putin menambahkan, “Ini adalah kasus sebelum abad ke-17, ketika sebagian dari wilayah ini bergabung kembali dengan negara Rusia, dan setelahnya.”

Memang, lembah Dnieper berfungsi sebagai tempat lahir banyak identitas budaya Rusia, termasuk fondasi Gereja Ortodoks Rusia dan bahasa Slavia Timur Lama, nenek moyang bahasa Ukraina, Rusia, Belarusia, dan Rusyn.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)