Makro

Pemerintah fokus bangun infrastruktur pedesaan

Jum'at,  7 Desember 2012  −  11:58 WIB
Pemerintah fokus bangun infrastruktur pedesaan
Ilustrasi

Sindonews.com - Guna melakukan pemerataan pembangunan, pemerintah berencana menggunakan dana komersial untuk mendanai proyek-proyek pembangunan infrastruktur perkotaan yang melibatkan pihak swasta, sementara pemerintah fokus pada pembangunan daerah pedesaan.

"Swasta sudah masuk infrastruktur. Yang penting, kalau komersial dia menguntungkan, bangun jangan pakai uutang," terang Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Ekonomi), Hatta Rajasa di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (6/12/2012) malam.

Dengan dilakukan upaya tersebut, lanjut Hatta, pemerintah jadi bisa lebih fokus dalam melakukan pembangunan di daerah pedasaan.

"Jadi pemerintah bisa fokus untuk pembangunan infrastruktur pedesaan yang memang secara komersial tidak diminati, tidak menguntungkan," sambung dia.

Harapannya, kata Hatta, cita-cita pemerataan pembangunan dapat lebih cepat dicapai. "Nah ini akan membantu, mengurangi gap dan mendorong peningkatan kesejahteraan pada masyarakat di lapisan bawah," tandasnya.

Seperti diketahui, pemerintah menetapkan anggaran sebesar Rp213 trilun untuk pembangunan infrastruktur dalam Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2013. Naiknya anggaran infrastruktur ini diperkirakan akan memberi imbas positif terhadap ekonomi Indonesia pada tahun depan.


(rna)

views: 920x
shadow