Sektor Riil

Kini, rumah Dirut Pertamina pakai solar cell

Sabtu,  8 Desember 2012  −  10:27 WIB
Kini, rumah Dirut Pertamina pakai solar cell
Foto : Michael Agustinus/Sindonews

Sindonews.com - Merayakan Pertamina Day yang jatuh pada hari ini, Direktur Utama Karen Agustiawan memasang solar cell di rumahnya, yang terletak di kawasan Patra Kuningan. Pemasangan solar cell tersebut merupakan bentuk kepedulian Pertamina terhadap konservasi energi.

"Jadi, pemasangan solar cell ini adalah satu bentuk komitmen Pertamina di ulang tahun 55 tahun ini bahwa kita adalah perusahaan Pertamina sobat bumi," terang Karen Agustiawan saat ditemui di rumahnya, Jakarta, Sabtu (8/12/2012).

Solar cell merupakan teknologi mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Karen menambahkan, penggunaan tenaga matahari sebagai sumber listrik akan mengurangi konsumsi minyak bumi, yang cadangannya semakin menipis.

"Kalau sobat bumi semaksimal mungkin mengurangi penggunaan minyak bumi dari konvensional menjadi yang nonkonvensional," imbuhnya.

Solar cell yang dipasang di rumahnya, sambung Karen, diproduksi BUMN bidang usaha elektronika, yakni PT LEN Industri. Rencananya, PT LEN dan Pertamina akan bekerjasama dalam produksi dan pemasaran solar cell.

"Kalau yang rumah ini panelnya sudah kerja sama dengan PT LEN dan kami sudah berkomitmen bahwa tanggal 10 Desember (2012) adalah panel solar cell, yang pertama dilakukan instalasi oleh Dirut Pertamina dan ini adalah salah satunya," lanjut dia.

Selain itu, pihaknya juga mengungkapkan bahwa solar cell yang dipasang di rumahnya mampu menampung tenaga listrik hingga 8.000 watt. "Ini kapasitas penyimpanan 8 ribu watt, dan kita bisa gunakan energi ini selama 4 jam dan kita pick hours," pungkas Karen.


(rna)

views: 1.228x
shadow