Pasar Modal

MNC Group raih kredit BJBR senilai Rp700 M

Selasa,  18 Desember 2012  −  13:40 WIB
MNC Group raih kredit BJBR senilai Rp700 M
Ilustrasi

Sindonews.com - MNC Group bersama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) hari ini menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) kemitraan strategis. Dalam kerja sama ini, BJBR memberikan total fasilitas kredit kepada MNC Group mencapai Rp700 miliar.

Direktur Utama BJBR Bien Subiantoro mengatakan, perseroan melihat MNC Group merupakan salah satu nasabah BJBR yang paling penting karena memiliki visi yang positif kedepannya. Karena itu, perseroan membuka peluang untuk melakukan kerja sama lain dengan perusahaan di bawah bendera MNC Group.

"Ke depan, kerja sama akan lebih besar lagi. Kita punya komitmen yang lebih kuat melihat bisnis MNC Group yang sangat besar. Selain itu, banyak wilayah bisnis MNC yang berada di Jawa Barat, sehingga kami akan lebih aktif untuk bekerja sama dengan MNC Group," tutur dia usai penandatanganan MoU di MNC Tower, Selasa (18/12/2012). 

Dari total fasilitas kredit sebesar Rp700 miliar, terdiri atas fasilitas kredit investasi umum kepada PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) sebesar Rp300 miliar dengan jangka waktu 10 tahun. Sindikasi fasilitas kredit investasi umum bersama dengan Bank Papua dan Bank Sumut sebesar Rp150 miliar, dengan porsi BJBR senilai Rp50 miliar dan berjangka waktu 10 tahun. Selain itu, fasilitas kredit modal kerja sebesar Rp350 miliar, dengan jangka waktu empat tahun.

Assistant Vice President BJBR Chandra Dwipayana menambahkan, tenor fasilitas kredit BJBR tersebut disesuaikan dengan penyelesaian proyek tersebut. Adapun, bunga pinjaman dari fasilitas kredit berada pada kisaran 10-12 persen.

Sementara itu, CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan, alasan perseroan melakukan pinjaman ke BJBR lantaran mayoritas kegiatan bisnis perseroan berada di wilayah Jawa Barat. "Selain itu, kami melihat potensi BJB yang besar dan profesional lantaran satu-satunya bank daerah yang tbk (tercatat di Bursa)," ujar dia.

Hary menjelaskan, fasilitas kredit dari BJBR senilai Rp300 miliar digunakan untuk pembangunan gedung MNC News Center di komplek MNC Tower, Jakarta Pusat. Diperkirakan gedung 18 lantai yang pembangunannya sudah dimulai akhir tahun lalu akan rampung pada 2014.

"Total investasinya sekitar Rp800 miliar. Sebesar Rp300 miliar dari BJB dan sisanya dari internal perusahaan," ungkapnya.

Adapun fasilitas kredit dari BJBR senilai Rp50 miliar akan dialokasikan kepada MNC Land, yang digunakan untuk pembangunan gedung MNC Financial Center. Sedangkan, fasilitas kredit sebesar Rp350 miliar diberikan kepada PT MNC Finance untuk membiayai modal kerja pembiayaan konsumen (mobil) dan sewa guna usaha, seperti alat berat, mesin-mesin dan alat kesehatan.




(rna)

views: 1.431x
shadow