Sektor Riil

Program swasembada gagal, Mentan diminta mundur

Kamis,  20 Desember 2012  −  12:48 WIB
Program swasembada gagal, Mentan diminta mundur
Menteri Pertanian, Suswono/Foto: Ist

Sindonews.com - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia menilai bahwa Kementerian Pertanian telah gagal total dalam usaha mewujudkan swasembada pangan (beras, kedelai, gula, jagung dan daging).

"Kami mendesak pertanggungjawaban Kementerian Pertanian karena kegagalannya dalam merealisasikan berbagai program swasembada yang telah dicanangkannya," ujar Ketua Pemuda Tani HKTI Akbar Husein dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (20/12/2012).

Karena itu, Akbar mendesak agar Menteri Pertanian (Mentan) Suswono untuk mundur dari jabatannya. "Dalam hal ini kami menuntut mundurnya saudara Menteri Pertanian Suswono," sambungnya.

Menurut dia, Suswono kerap membohongi rakyat dengan data-data fiktif terkait program swasembada pangan demi pencitraan semata. "Kami mensinyalir data yang digunakan selama ini adalah data yang direkayasa hanya untuk kepentingan pencitraan dan laporan kepada Presiden RI," pungkas Akbar.

Sebelumnya, Komite Daging Sapi Jakarta Raya (KDS Jakarta) juga menilai bahwa klaim keberhasilan peningkatan produksi daging Mentan Suswono merupakan pembohongan publik.

"Kita pengusaha tidak mau ditipu-tipu seperti ini. Kami ini sudah sering disampaikan data-data seperti itu. Faktanya di lapangan tidak ada dagingnya," kata Ketua Umum KDS Jakarta Sarman Simanjorang kemarin.


(gpr)

views: 866x
shadow