Sektor Riil

Produksi kedelai di bawah target, ini alasan Mentan

Rabu,  26 Desember 2012  −  12:44 WIB
Produksi kedelai di bawah target, ini alasan Mentan
Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menyebutkan lima penyebab kegagalannya mencapai target produksi kedelai tahun 2012. Seperti diketahui, tahun ini produksi kedelai hanya 783 ribu ton dari target sebesar 1 juta ton.

Pertama, Suswono menyatakan saat ini Indonesia masih kekurangan lahan untuk kedelai. "Di Brasil, mereka punya 30 juta Ha lahan kedelai, Indonesia cuma 700 ribu Ha," kata dia.

Kedua, kurangnya minat petani terhadap tanaman kedelai ini ditengarainya akibat minimnya insentif. "Pernah sampai 1,5 juta Ha tapi terus menurun karena insentif tidak menjanjikan," sambung dia.

Ketiga, harga tanaman kedelai yang kurang menguntungkan juga mengurangi minat petani untuk menanamnya. Akibatnya, petani memilih untuk menanam komoditas pertanian lain yang lebih menguntungkan.

"Petani harus melakukan pemilihan mana komoditi yang paling menguntungkan karena keterbatasan lahan. Dan padi saat ini sangat menguntungkan, kemudian jagung, terakhir baru kedelai," ungkapnya.

Selain itu, perawatan tanaman kedelai tergolong sulit. "Kedelai beresiko tinggi, perawatannya butuh perhatian ekstra," tutur Suswono.

Terakhir, dia mengakui produktivitas per Ha kedelai di Indonesia masih rendah. "Produktivitas kedelai, harus diakui kita masih rendah," pungkas Mentan.


(gpr)

views: 1.054x
shadow