Pasar Modal

Sumbangan pasar modal ke pemerintah capai Rp315 T

Jum'at,  28 Desember 2012  −  16:17 WIB
Sumbangan pasar modal ke pemerintah capai Rp315 T
Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito mengungkapkan sumbangan pasar modal kepada pemerintah tahun 2012 mencapai Rp315 triliun dibandingkan dengan tahun lalu sebesar Rp209 triliun.

Hal tersebut menepis anggapan bahwa pasar modal tidak memiliki kontribusi. Kontribusi pasar modal terhadap investasi dilihat dari sumbangan obligasi mencapai angka Rp76 triliun, ditambah dengan sumbangan ke sektor korporasi mencapai Rp106 triliun. Sedangkan sumbangan ke sektor riil mencapai Rp30 triliun.

"Peningkatan jumlah kontribusi pasar modal terhadap sektor riil menunjukkan bahwa pembiayaan dari arus modal yang masuk ke dalam negeri juga meningkat," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (28/12/2012).

Ito menambahkan, peningkatan tersebut juga seiring peningkatan minat investor kepada pasar modal Indonesia. Tercatat saat ini jumlah investor paling banyak berada di Jakarta, Jabar, Jatim dan beberapa daerah lainnya.

Jumlah Investor domestik masih kurang bila dibandingkan dengan jumlah masyarakat Indonesia yang berjumlah sekira 200 juta penduduk. Untuk jumlah investor asing di Indonesia kurang dari 3.000 orang, sedangkan investor domestik 360 ribu yang terdaftar di KSEI.

"Sedangkan jumlah investor yang memiliki rekening diatas Rp500 juta ada sekitar 271 ribu," pungkasnya.


(gpr)

views: 442x
shadow