Ekonomi Dunia

Inggris kantongi tiga agenda penting pada KTT G8 2013

Selasa,  1 Januari 2013  −  14:56 WIB
Inggris kantongi tiga agenda penting pada KTT G8 2013
Perdana Menteri Inggris, David Cameron/Istimewa

Sindonews.com - Inggris akan menjadi tuan rumah KTT G8, pada Juni 2013 mendatang, di Lough Erne, County Fermanagh, Irlandia Utara. Pertemuan para pemimpin dunia itu akan membahas tiga agenda penting.

Hal tersebut disampaikan Perdana Menteri Inggris, David Cameron, seperti dilansir BBC, Selasa (1/1/2013). "Pada pertemuan nanti kami akan fokus dalam memerangi proteksionisme perdagangan, kerjasama bebas pajak, dan transparansi pemerintahan," ujar Cameron.

Sementara topik lain yang akan dibahas dalam pertemuan tingkat menteri, adalah isu mendesak seperti krisis berkepanjangan di Suriah.

Diketahui, terakhir kali Inggris menjadi tuan rumah KTT G8 adalah pada 2005, di Gleneagles. Pada saat itu dilaporkan lebih dari 200 ribu orang meminta perhatian negara maju memerangi kemiskinan di dunia.

Penunjukkan Lough Erne golf, resort dekat Enniskillen, Irlandia Utara yang diumumkan Cameron pada November 2012 lalu, bukan tanpa alasan. Cameron ingin mempromosikan daerah tersebut.

"Saya ingin mengajak dunia melihat tempat yang fantastis di Irlandia Utara. Tempat yang bagus untuk bisnis, tempat yang bagus untuk investasi, tempat dengan tenaga kerja yang sangat terdidik dan terlatih untuk bisnis internasional," kata Cameron.

KTT G8 merupakan pertemuan para pemimpin dunia yang berasal dari delapan negara maju. Mereka adalah Prancis, Amerika Serikat, Rusia, Jepang, Jerman, Italia, Kanada dan Inggris.


(dmd)

views: 855x
Bagikan artikel ini :
shadow