Apindo: Aturan cukai soda tidak beralasan

Rabu, 06 Februari 2013 - 11:39 WIB
Apindo: Aturan cukai soda tidak beralasan
Apindo: Aturan cukai soda tidak beralasan
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengemukakan, rencana Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberlakukan cukai untuk minuman bersoda dengan alasan dampak kesehatan tidak berdasar.

Pasalnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah membuat peraturan mengenai standar keamanan untuk minuman ringan yang sudah diikuti oleh industri minuman soda.

"Pemerintah melihat dari sisi dampak kesehatan. Tapi kami keberatan karena pengaturan sudah dilakukan Kemenkes. Minuman bersoda sudah mengikuti aturan Kemenkes. Jadi, tidak beralasan Kemenkeu memberlakukan itu," jelas Sekretaris Jenderal Apindo, Franky Sibarani kepada Sindonews di Jakarta, Rabu (6/2/2013).

Selain itu, Franky mengaku khawatir pemberlakuan cukai soda akan membuat banyak industri minuman ringan gulung tikar. Karena itu, dia meminta pemerintah untuk tidak memberlakukan peraturan tersebut. "Menurut kami terlalu riskan kalau ini diterapkan," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, rencana pengenaan cukai untuk minuman berkarbonasi atau bersoda diperkirakan akan memukul pendapatan sektor industri minuman ringan, hingga terjadi PHK.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) menghitung, jika besaran cukai diterapkan Rp3 ribu per liter, maka diperkirakan penghasilan industri minuman ringan akan menyusut sebesar Rp5,6 triliun per tahun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4040 seconds (0.1#10.140)