Menparekraf: Kebijakan tanpa Karantina Diterapkan di Seluruh Indonesia

Senin, 21 Maret 2022 - 16:53 WIB
loading...
Menparekraf: Kebijakan tanpa Karantina Diterapkan di Seluruh Indonesia
Menteri Sandiaga Uno mengatakan pelaku perjalanan luar negeri yang masuk ke Indonesia tak perlu karantina. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan, pemerintah akan menerapkan kebijakan tanpa karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di seluruh Indonesia. Kebijakan ini diputuskan dalam rapat terbatas tentang evaluasi PPKM bersama Presiden Joko Widodo hari ini, Senin (21/3/2022).



"Dengan hasil penerapan protokol kesehatan yang disiplin, maka hari ini diumumkan kebijakan tanpa karantina diperluas ke seluruh Indonesia, jadi hanya dengan entry PCR test," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing.

Menurutnya, surat edaran Satgas Covid-19 tentang hal ini akan segera terbit minggu ini, sekitar tanggal 22 Maret 2022. Sebelumnya, telah dilakukan uji coba kebijakan tanpa karantina di Bali, Batam, dan Bintan, dan dinilai berhasil.

"Dengan positivity rate rendah dan reproduction rate yang menurun," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sandiaga menekankan agar tracing dan testing dapat terus diperkuat meskipun syarat antigen untuk perjalanan sudah dihapus, termasuk penggunaan aplikasi PeduliLindungi.



"Penggunaan PeduliLindungi menunjukkan tren menurun dan harus kembali ditingkatkan. Ini harus disiplin check in PeduliLindungi," tandasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)