Makro

Rekrutmen CPNS 2013 prioritaskan jabatan tertentu

Jum'at,  22 Februari 2013  −  13:43 WIB
Rekrutmen CPNS 2013 prioritaskan jabatan tertentu
Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Pemerintah menyiapkan 60 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di seluruh Kementerian/Lembaga (KL) dan pemerintah daerah pada 2013. Namun formasi tersebut tidak dibuka untuk semua jabatan, hanya jabatan-jabatan tertentu yang boleh direkrut tahun ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Azwar Abubakar mengemukakan, penerimaan CPNS masih dibatasi untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan jabatan-jabatan tertentu yang benar-benar dibutuhkan oleh organisasi.

“Misalnya tenaga penyuluh pertanian, yang memang dibutuhkan dalam meningkatkan hasil pertanian, seperti beras, jagung, dan lain-lain,” ujar Azwar dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (22/2/2013).

Adapun untuk instansi pemerintah pusat yang diprioritas dalam rekrutmen CPNS 2013 ini adalah guru (guru kelas dan guru produktif), dosen (eksakta dan tehnik), jabatan-jabatan penegak hukum, jabatan yang menjadi pelaksana utama (core business) fungsi instandi, dan jabatan yang diperlukan untuk memenuhi standar internasional.

Azwar menegaskan, meskipun kebijakan moratorium CPNS sudah berakhir, bukan berarti pemerintah daerah dapat serta merta merekrut CPNS sebanyak-banyaknya. Ia mengemukakan, pada 2013 ini pemerintah tetap menerapkan kebijakan zero growth menuju minus growth.

“Usulan tambahan harus berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja. Selain itu, instansi itu harus sudah memiliki proyeksi kebutuhan pegawai 5 tahun ke depan,” ujar Azwar.


(gpr)

views: 4.389x
shadow