Sektor Riil

Semester II/2013

Tata Motor mulai luncurkan produk di Indonesia

Kamis,  7 Maret 2013  −  14:08 WIB
Tata Motor mulai luncurkan produk di Indonesia
Ilustrasi/ist

Sindonews.com - PT Tata Motor Indonesia (TMI) berencana mengeluarkan sejumlah produk otomotif pada semester II/2013. Sejumlah produk inovatif tersebut, dipastikan akan meramaikan pangsa pasar otomotif di Indonesia.

Public Relations Head PT Tata Motors Indonesia, Kiki Fajar mengatakan, saat ini pihaknya masih fokus membangun merek serta pusat pelatihan resmi. Pelatihan tersebut, untuk membangun jaringan Tata Motor di kawasan Jawa dan Bali. Pada semester II, perusahannya mulai meluncurkan sejumlah produk baru. "Ini adalah langkah jangka panjang kami di Indonesia," katanya, Kamis (7/3/2013).

Pihaknya memproyeksikan 30 titik Tata Authorized Service Workshop (TAW) di Indonesia dan akan didukung sumberdaya manusia yang memadai setelah melakukan pelatihan secara berkala.

Dia menjelaskan, produk yang akan diluncurkan yaitu Tata Vista. Produk ini akan menggarap segmen small hatchback. Segmen ini juga sukses di garap di India. Pihaknya optimistis, produk tersebut akan mendapat sambutan dari konsumen Indonesia. Respon positif itu ditunjukkan dari hasil riset pasar yang dilakukan TMI di berbagai daerah dan dari pengunjung IIMS 2012.

"Segmen small hatchback akan menjadi tren baru. Ini diindikasikan pertumbuhan dan didukung pergerakan perubahan pola pikir dan tradisi konsumen di Indonesia, yang mulai menggunakan mobil kecil," ujarnya.

Pada periode tersebut, lanjut dia, TMI juga akan meluncurkan crossover Tata Aria yang tersedia dalam pilihan penggerak 4x2 dan 4x4. TMI meyakini, Tata Aria akan mendapat respon positif di Indonesia. Tata Aria merupakan crossover yang berwibawa berbekal teknologi dan fitur yang canggih. Mesinnya, 2.2 liter Common Rail Diesel Engine (CRDI)  didukung fitur premium seperti Airbag sebanyak enam buah, Cruise Control, ABS dengan EBD, dan lainnya.

"Kami juga akan meluncurkan produk kendaraan small commercial yakni Tata Super Ace," pungkas dia.

Selama ini, produk tersebut sangat diandalkan para pebisnis di India dan negara-negara Afrika Selatan dan Thailand. Karena itu, pihaknya optimistis, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat akan mengarahkan mereka memilih produk inovatif. Mereka akan memilih kendaraan komersial di kelas small commercial dan heavy duty truck. Produk ini memiliki keunggulan biaya operasional lebih efisien.

Tata, kata Kiki, juga berencana menghadirkan Tata Nano di Indonesia yaitu mobil unik yang akan membentuk segmen baru dan berpotensi merubah peta persaingan di pasar otomotif Indonesia. Tata Nano dan produk Tata Motors lainnya saat ini sedang dalam pengujian internal terpadu di Indonesia dan masih digunakan untuk keperluan riset pasar sebelum memasuki tahap finalisasi peluncurannya masing-masing.


(izz)

views: 1.291x
shadow