Sektor Riil

WeChat jadi aplikasi chatting nomor satu di Indonesia

Senin,  11 Maret 2013  −  10:34 WIB
WeChat jadi aplikasi chatting nomor satu di Indonesia
Ilustrasi/ist

Sindonews.com - WeChat, layanan komunikasi sosial untuk smartphone, telah mengumumkan kesuksesannya menaklukkan posisi nomor satu di antara aplikasi bebas biaya lainnya yang tersedia di Google Play Store untuk perangkat Android maupun di Apple App Store untuk perangkat iOS.

Pekan lalu, WeChat resmi meluncurkan iklan komersialnya di televisi sekaligus mengumumkan joint venture dengan MNC untuk kawasan Indonesia. Setelah iklan ditayangkan, WeChat langsung diunduh 30 kali lipat lebih banyak dari sebelumnya. Selain itu, dalam waktu satu minggu setelah diumumkannya joint venture tersebut, WeChat berhasil menempati tempat teratas di Apple App Store dan Google Play Store Indonesia.

Managing Director MNC Tencent, WeChat Operation, Vincent Wang merasa gembira atas keberhasilan ini. "Kami sangat bangga melihat WeChat meraih posisi nomor satu di App Store dan Play Store. Hal ini membuktikan besarnya sambutan Indonesia terhadap produk kami. Tencent memang bertujuan untuk memberikan sarana komunikasi terbaik dan berkualitas dengan fitur-fitur unggulan, dan keberhasilan ini semakin memacu kami untuk menyediakan pengalaman yang lebih baik lagi untuk para pengguna setia kami di Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Senin (11/3/2013).

Selain dapat digunakan di iOS dan Android, baru-baru ini WeChat juga meluncurkan versi aplikasinya untuk BlackBerry, yang kini melejit ke posisi nomor dua di antara aplikasi lain di BlackBerry Application World. Fitur-fitur utama WeChat yang tersedia di platform lain, seperti Push to Talk, Moments, dan beraneka ragam emoticon juga dapat dinikmati di BlackBerry.

"Kini, 300 juta orang di dunia telah terdaftar sebagai pengguna WeChat. Kami yakin kepopuleran aplikasi ini di Indonensia akan membawa banyak sekali pengguna baru. Demi meningkatkan pengalaman menggunakan aplikasi ini, kami sudah mempersiapkan update-update spesial. Indonesia akan menjadi salah satu dari negara-negara yang paling pertama tahu bahwa dalam waktu dekat ini kami akan melepaskannya ke pasaran," ujar Vice President Tencent, International Business, Poshu Yeung.

Baru-baru ini, kata dia, Tencent juga menuai pengakuan dunia sebagai salah satu dari Most Innovative Companies pada 2013 berdasarkan daftar yang dikeluarkan Fast Company, brand media bisnis ternama di dunia, dengan catatan khusus yang menyorot inovasi-inovasi dalam bidang teknologi, ethonomics (ekonomi etis), kepemimpinan, dan serta desain.


(izz)

views: 1.950x
shadow