Toyota targetkan produksi 250 ribu unit

Kamis, 21 Maret 2013 - 16:29 WIB
Toyota targetkan produksi 250 ribu unit
Toyota targetkan produksi 250 ribu unit
A A A
Sindonews.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia menargetkan untuk memproduksi 250 ribu unit kendaraan tahun ini. Langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar Toyota hingga 36 persen.

Deputy Division Head Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy mengatakan, tahun ini Toyota melalui TMI menargetkan produksi 250 ribu unit, lebih tinggi dari produksi tahun sebelumnya, setelah pabrik di Karawang mulai beroperasi.

"Pabrik baru kami di karawang mulai beroperasi. Sehingga tahun ini kami bisa meningkatkan produksi sampai 250 ribu unit," kata Anton saat peluncuran mobil Etios Valco di Trans Studio Mall, Kota Bandung, Kamis (21/3/2013).

Menurutnya, peningkatan produksi mobil ini menanggapi tingginya permintaan konsumen atas kendaraan roda empat. Saat ini penjualan Toyota menguasai market share 36 persen dari total pangsa pasar mobil di Indonesia. Beberapa mobil yang mendorong peningkatan penjualan Toyota di antara Avanza, Kijang, dan kendaraan niaga.

Anton mengatakan, untuk pengembangan pabrik di Indonesia, Toyota telah menyiapkan investasi sebesar Rp13,5 triliun. Investasi tersebut untuk membangun manufaktur di Indonesia. Belanja modal Toyota telah dimulai tahun lalu sampai lima tahun kedepan.

"Kita terus melakukan perluasan pabrik. Tapi semuanya masih dalam proses. Karena, untuk membangun pabrik perlu studi dan kelengkapan insfrastruktur lainnya," jelas dia.

Direktur PT Toyota Astra Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono mengatakan, tahun lalu kapasitas produksi Toyota di Indonesia mencapai 110 ribu unit sampai 130 ribu unit per tahun. Yaitu untuk memproduksi Avanza, Kijang, dan kendaraan niaga lainnya.

"Tahun ini, kami menargetkan penambahan produksi sebesar 70 ribu unit. Sehingga, total kendaraan yang bisa diproduksi Toyota mencapai 250 ribu unit per tahun," beber Warih.

Sedangkan pada 2014, Toyota memproyeksikan penambahan produksi sebesar 120 ribu unit. Penambahan volume produksi Toyota pada 2013 termasuk untuk produksi Etios Valco sebesar 19 ribu unit tahun ini. Kendaraan ini semuanya di produksi di Indonesia, dengan penggunaan 55 persen komponen lokal.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5340 seconds (0.1#10.140)