Prediksi Saham

IHSG diprediksi pertahankan posisi di zona hijau

Kamis,  28 Maret 2013  −  08:17 WIB
IHSG diprediksi pertahankan posisi di zona hijau
Ilustrasi

Sindonews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi masih akan bertahan di zona hijau, dengan laju IHSG akan berada pada support 4.846-4.858 dan resistance 4.945-4.965.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada mengatakan, berpola menyerupai three white soldier dekati upper bollinger bands (UBB). MACD upreversal dengan histogram negatif yang memendek. RSI, William's %R, dan Stochastic upreversal.

"Dengan terbentuknya pola teknikal tersebut diharapkan masih dapat mempertahankan posisi IHSG di zona hijau pada akhir perdagangan di pekan ini yang juga merupakan akhir penyampaian rilis laporan keuangan emiten, meskipun tetap harus mewaspadai adanya potensi pelemahan setelah sentuh new high record," kata dia, Kamis (28/3/2013).

Laju positif mayoritas bursa saham Asia yang dibarengi dengan banyaknya rilis laporan keuangan dari para emiten menghijaukan IHSG. Apalagi sebelumnya pasar saham Eropa dan AS ditutup di teritori positif setelah rilis beberapa data ekonomi AS tercatat naik, sehingga mengesampingkan masalah bailout Siprus.

Apalagi terdapat revisi pernyataan dari Kepala Eurogroup bahwa tujuannya merampaingkan perbankan Siprus ialah  untuk memperkuat permodalan, sehingga akan mampu bertahan.

Pelaku pasar mengapresiasi positif pernyataan tersebut dan memanfaatkan momen tersebut untuk kembali memburu saham. IHSG pun memperbarui posisi tertinggi terbarunya meski secara tidak sadar telah membuat gap di level 4.786-4.798.

Sepanjang perdagangan, IHSG menyentuh level 4.928,10 (level tertingginya) di akhir sesi 2 dan menyentuh level 4.853,88 (level terendahnya) di awal sesi 1 dan berakhir di level 4.928,10. Volume perdagangan dan nilai total transaksi turun. Investor asing mencatatkan nett buy dengan penurunan nilai transaksi beli dan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett sell.

Pergerakan nilai tukar rupiah naik tipis seiring dengan mulai meredanya sentimen dari penyelematan Siprus. Dari Eropa, Fitch menempatkan Siprus dalam outlook negatif karena sistem perbankannya dapat merusak perekonomian domestik.

Perbankan Siprus masih tutup hingga hari Kamis. Saat aktif lagi, pemerintah akan mengetatkan permodalan bank untuk mencegah pelarian deposito karena deposan besar di bank Siprus berpotensi terpangkas 40 persen.

Pelaku pasar berharap pemerintah Siprus dapat mengontrol permodalannya untuk menghindari terjadinya rush. Bursa saham Asia menghijau setelah merespon rilis kenaikan data pemesanan barang tahan lama AS.

Adanya rilis tersebut memicu kenaikan saham-saham eksportir yang diasumsikan akan mengalami kenaikan penjualan. Di sisi lain, adanya rilis kenaikan kinerja dari beberapa emiten, anatar lain Bank of China Ltd. dan China Comm. Construction Co. serta kenaikan consumer sentiment index KorSel turut menambah respon positif.


(rna)

views: 1.322x
Bagikan artikel ini :
shadow