Sektor Riil

ENI minati Blok Jangkrik dan Muara Bakau

Jum'at,  12 April 2013  −  18:33 WIB
ENI minati Blok Jangkrik dan Muara Bakau
Ilustrasi/ist

Sindonews.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) mengungkapkan, bahwa perusahaan Italia yang bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak gas bumi, Ente Nazionale Idocarburi (ENI) menunjukkan minatnya untuk menggarap blok migas di Indonesia.

"Mereka ingin masuk di Indonesia lebih banyak lagi. Kalau ada lapangan yang mau dilepas, dia berani beli," kata Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini di Kantor Kementrian ESDM, Jakarta, Jumat (12/4/2013).

Menurutnya, sejumlah blok migas yang tengah dilirik ENI, diantaranya Blok Jangkrik dan Muara Bakau di Kalimantan Timur. "Dulu kan, kasusnya (Blok Jangkrik) oleh perusahaan lama habis kontrak dan di kembalikan, sekarang baru di ambil. Dia lakukan pengeboran lagi. Jadi, dia juga ingin melakukan hal yang sama, kalau ada lapangan yang dilepas dan menurut perusahaan lain tidak berhasil, mereka akan ambil," papar Rudi.

Dia mengakui, ENI telah menyatakan minatnya begitu besar terhadap sumur-sumur migas di Indonesia. Namun pihaknya masih belum bisa memastikan blok migas mana yang akan direkomendasikan untuk dikelola oleh ENI.

"ENI sangat senang dengan kecepatan yang dilakukan Indonesia. Mulai dari World Program and Budgeting (WP&B), POD hingga pengeboran, bahkan mereka cepat sekali hanya dua tahun. Biasanya kan ada yang lima tahun baru bisa pengeboran. Tapi, saat ini kami belum tahu (blok migas mana yang akan direkomendasikan)," tutupnya.


(izz)

views: 1.790x
shadow