Verstappen Gagal Finis, Charles Leclerc Juara Formula 1 GP Australia 2022

Minggu, 10 April 2022 - 14:21 WIB
loading...
Verstappen Gagal Finis, Charles Leclerc Juara Formula 1 GP Australia 2022
Charles Leclerc Juara Formula 1 GP Australia 2022. Foto: REUTERS/Loren Elliott
A A A
MELBOURNE - Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc , berhasil keluar sebagai pemenang di F1 Grand Prix Australia 2022. Sebaliknya, Max Verstappen justru gagal menyentuh garis finis.

Tampil di Sirkuit Albert Park, Minggu (10/4/2022) siang WIB, Leclerc yang melakukan start dari posisi pertama, benar-benar tidak tergeser sedikitpun selama 58 lap balapan berlangsung. Sementara itu, nasib sial harus dialami Max Verstappen (Red Bull Racing) karena gagal finish lantaran mobilnya mengalami masalah di lap ke-39.



Leclerc mengawali startnya dengan sangat apik dan mampu mempertahankan posisi terdepan. Pembalap asal Monako itu terus dibuntuti oleh duo Red Bull Racing, Max Verstappen dan Sergio Perez. Sementara di urutan empat dan lima, diisi oleh duo Mercedes AMG-Petronas, Lewis Hamilton dan George Russell.

Nasib sial harus dialami Scuderia Ferrari saat balapan baru berjalan sebanyak tiga lap. Pasalnya, Carlos Sainz Jr harus tergelincir dan membuat mobilnya keluar dari lintasan. Dia pun tidak bisa melanjutkan balapan. Praktis, Leclerc harus berjuang sendirian di balapan ini untuk meraih podium atau setidaknya bisa mendulang poin.

Memasuki lap ke-24, terdapat perubahan di urutan lima besar karena para pembalap banyak yang masuk ke pitstop. Kali ini, Leclerc dibuntuti oleh Verstappen, Russell, Fernando Alonso (Alpine), dan Perez. Sementara Hamilton saat ini berada di urutan enam. Nasib sial harus didapat pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel karena mobil yang dia kemudi tergelincir sehingga tidak dapat melanjutkan balapan sama seperti Sainz.

Pada lap ke-27, Verstappen hampir saja bisa merangsek naik ke posisi pertama. Akan tetapi, Leclerc tampil sangat baik di balapan kali ini. Pasalnya, manuver yang dilakukan pilot Red Bull itu berhasil dia tutup sehingga posisi pertamanya pun aman. Akan tetapi, petaka bagi Red Bull terjadi di lap ke-39.

Bagaimana tidak, Verstappen terpaksa tidak bisa melanjutkan balapannya karena dia mencium bau cairan di dalam mobilnya. Dan benar saja, ketika dia menepi, terlihat api yang keluar dari bagian ujung knalpot. Kemungkinan terjadi kebocoran di bagian mesin.

Sehingga, kali ini posisi lima besar pun berubah. Leclerc masih menjadi yang terdepan diikuti secara berurutan oleh Perez, Russell, Hamilton, dan Lando Norris (McLaren). Pembalap Scuderia Ferrari itu masih menjadi yang terdepan sejak balapan dimulai.

Memasuki 10 lap terakhir, pilot jet darat Scuderia Ferrari itu masih terus melenggang dengan sangat nyaman. Belum ada perlawanan yang berarti kepada Leclerc. Belum ada perubahan pada posisi lima besar hingga balapan menyisakan lima lap terakhir.

Hingga bendera checkered flag muncul, posisi tidak berubah. Leclerc berhasil keluar sebagai pemenang di GP Australia 2022. Kemudian untuk posisi dua dan tiga diisi oleh Perez dan Russell. Sementara itu, Hamilton harus puas berada di posisi empat dan Norris di posisi lima.

Berikut Hasil Lengkap F1 GP Australia 2022:
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)