Sektor Riil

Pabrik perakitan Astra Daihatsu telan dana Rp2,1 T

Senin,  22 April 2013  −  15:28 WIB
Pabrik perakitan Astra Daihatsu telan dana Rp2,1 T
Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan pabrik perakitan kendaraan senilai Rp2,1 triliun di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

"Pembangunan pabrik baru ini menelan investasi lebih dari Rp2,1 triliiun," ujar Presiden Direktur ADM Sudirman Maman Rusdi di sela-sela acara peresmian pabrik baru tersebut seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Senin (22/4/2013).

Proses produksi yang dapat dilakukan di pabrik ini yakni meliputi proses welding (pengelasan), painting (pengecatan) dan assembling (Perakitan). Selain itu pabrik ini juga memiliki mesin press berkecepatan tinggi.

Dalam proses produksi tersebut Daihatsu menerapkan konsep SSC (simple, slim, dan compact) pada fasilitas produksinya. Konsep ini sama persis seperti yang diterapkan pabrik Daihatsu di Kyushu, Jepang.

"Secara bertahap kapasitas produksinya akan mencapai 120 ribu unit per tahun. Sementara secara keseluruhan kapasitas produksi Daihatsu akan bertambah dari 340 ribu unit pertahun menjadi 460 ribu unit," sambungnya.

Selain Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono, turut hadir Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, dan juga Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori. Juga turut dihadiri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, serta Presdir Daihatsu Motor Company Jepang Koichi Ina.


(gpr)

views: 818x
shadow