Pasar Modal

Bangun pabrik beton, WIKA siapkan Rp250 M

Kamis,  25 April 2013  −  15:13 WIB
Bangun pabrik beton, WIKA siapkan Rp250 M
Ilustrasi

Sindonews.com - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melalui anak usahanya PT Wika Beton pada tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp250 miliar untuk membangun pabrik beton pracetak (precast).

Direktur Utama WIKA, Bintang Perbowo mengatakan, perseroannya tengah membidik sejumlah wilayah untuk pembangunan pabrik baru tersebut. Wilayah yang diincar, diantaranya berada di Lampung, Batam, Gresik dan Samarinda.

"Kita berencana membangun pabrik baru, yang berada mendekati laut, dengan ukuran lebih panjang per beton hingga 15 meter, sehingga bisa didistribusikan pada jalur laut," kata Bintang usai menghadiri rapat umum pemegang saham (RUPS) di Kantor Pusat WIKA, Jakarta, Kamis (25/4/2013).

Dia menuturkan, ada kemungkinan perseroan membangun di empat lokasi tersebut. Namun, pabrik yang akan dibangun dalam waktu dekat berlokasi di Kalimatan Timur.

"Untuk pembangunan pabrik di Gresik dengan PT Garam, sedang disiapkan studi kelayakannya. Nantinya kapasitasnya akan menjadi 2 juta ton per tahun, dari saat ini 1,8 juta ton," tandasnya.

Sedangkan pembiayaan, lanjut dia, berasal dari belanja modal tahun ini yang totalnya dialokasikan untuk anak usaha sebesar Rp475 miliar. Sedangkan sebagian besar, dialokasikan untuk Wika Beton sebesar Rp250 miliar.



(rna)

views: 624x
shadow