Ekonomi Dunia

DHL tingkatkan investasi USD181 juta di ASEAN

Selasa,  28 Mei 2013  −  13:47 WIB
DHL tingkatkan investasi USD181 juta di ASEAN
Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - DHL, perusahaan jasa pengiriman dan angkutan dari Deutsche Post AG (DPW), berencana mengucurkan dana USD181 juta dalam dua tahun untuk membangun gudang dan menambah karyawan di kawasan Asia Tenggara.

Oscar de Bok, kepala Supply Chain DHL untuk Asia Selatan dan Asia Tenggara mengungkapkan, kapasitas gudang DHL di Asia Tenggara akan meningkat 50 persen. Sementara jumlah orang yang bekerja di wilayah ini akan bertambah 65 persen menjadi 25.000.

"Ada perkembangan besar dari kelas menengah. Pasar jatuh tempo, sehingga membutuhkan rantai pasokan yang lebih matang dan lebih canggih. Asia Tenggara merupakan fokus penting," kata Bok, seperti dilansir dari Bloomberg, Selasa (28/5/2013).

Pertumbuhan ekonomi Indonesia, Vietnam dan Thailand telah memicu konsumsi di Asia Tenggara, menarik investasi perusahaan termasuk pembuat ponsel Nokia Oyj (NOK1V) dan produsen mobil Ford Motor Co (F). Mereka berharap menyerap 600 juta orang di Asia Tenggara - populasi gabungan dari AS, Jerman dan Brasil - yang akan menjadi kelas menengah pada 2020.

Dana Moneter Internasional (IMF) menyebutkan sebanyak 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) diperkirakan akan berkembang 5,5 persen pada 2013, dibandingkan dengan penyusutan 0,2 persen di wilayah Eropa. 

Pada data April, ASEAN yang dibentuk 1967, beranggotakan Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam, memiliki produk domestik bruto (PDB) gabungan lebih dari USD1 triliun.


(dmd)

views: 1.051x
shadow