Sektor Riil

Kemensos akan naikkan dana bantuan sosial

Selasa,  30 April 2013  −  19:32 WIB
Kemensos akan naikkan dana bantuan sosial
Ilustrasi/ist

Sindonews.com - Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri menyatakan, program bantuan, seperti raskin, BSM, PKH, dan BLSM akan direalisasikan dengan skala yang lebih besar. Namun, khusus BLSM dia belum mengetahui secara detail kepastiannya.

"Raskin akan ditambah lagi, sementara BSM juga diberikan dan itu ada di Kemendikbud, Kemenag, dan Kemensos. Kalau PKH harus dapat semuanya. Jadi kalau jumlahnya sekarang 2,4 juta rumah tangga nanti kita kalikan dua jadi 4,8 juta rumah tangga akan dapat semuanya," katanya di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (30/4/2013).

Dia menjelaskan, program PKH ini sifatnya seperti BLT tetapi bersyarat dan angka Rp1,4 juta yang selama ini diberikan akan dinaikkan menjadi Rp1,5 juta hingga Rp1,8 juta per rumah tangga miskin. "Ini sudah enam tahun berlangsung," ucapnya.

"Jadi, saya ingin jelaskan bahwa PKH itu BLT bersyarat paling sedikit setahun sampai enam tahun, hanya saja belum terdengar masyarakat kan. Sebetulnya BLT juga bersyarat ya, jadi si ibu kita bekali dengan catatan harian bahwa dia harus pastikan anaknya sekolah, posyandu, kalau di bawah 80 persen catatannya akan dikurangi bantuannya. Kita kontrol jadi setiap 200 KK ada satu pendamping," terang Mensos.

Sementara, terkait dengan BLSM, Salim belum bisa menyebut angkanya karena akan disesuaikan dengan penghematan subsidi BBM dan harus APBNP di DPR terlebih dahulu.


(izz)

views: 1.715x
Bagikan artikel ini :
shadow