Sektor Riil

Pertamina jamin pemasangan chip RFID gratis

Jum'at,  31 Mei 2013  −  18:28 WIB
Pertamina jamin pemasangan chip RFID gratis
ilustrasi/ist

Sindonews.com - Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Ali Mundakir menjamin masyarakat dapat memasang chip Radio Frequency Identification (RFID) secara gratis.

"Untuk memasang RFID di kendaraan, silahkan datang ke SPBU terdekat. Gratis. Tidak dikenakan biaya apapun," ujarnya saat simulasi penerapan SMP di SPBU Abdul Muis, Jakarta, (31/5/2013).

Pertamina memberi kesempatan tiga bulan bagi masyarakat untuk mendaftarkan pemasangan chip ini. "Operasional pemasangan RFID akan kami mulai pada 1 Juli dan diberikan kesempatan sampai batas waktu tiga bulan," katanya.

Dalam proyek ini, Pertamina menunjuk PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) yang telah menang tender, untuk mengerjakan proyek pemasangan RFID pada kendaraan dan SPBU.

PT Inti menyebutkan bahwa biaya pembuatan chip dan ring RFID bagi kendaraan bermotor kurang dari USD5. "Investasi chip dan ring diperkirakan di bawah USD5 untuk 100 juta unit kendaraan roda empat dan dua," kata Deputi Technical Support, Parwito dalam kesempatan yang sama.

Parwito menjelaskan pemasangan empat set alat monitoring BBM subsidi atau RFID, 70 persen merupakan impor dari China dan Korsel. Hal ini karena teknologi dalam negeri masih belum mencukupi.

"Teknologi alat RFID, 70 persen itu sebagian didatangkan dari China dan Korea Selatan. Misalnya, NXP Semi Conductor," ujar dia.



(izz)

views: 2.791x
shadow