Sektor Riil

Puskopanti akuisisi BPR Koperasi Jabar

Selasa,  7 Mei 2013  −  17:08 WIB
Puskopanti akuisisi BPR Koperasi Jabar
ilustrasi/ist

Sindonews.com - Pusat Koperasi Pedagang Kaki Lima Panca Bakti (Puskopanti) mengakuisisi PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Koperasi Jawa Barat untuk memperbesar penetrasi pembiayaan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi.
 
Ketua Puskopanti Jabar, Andra A Ludin mengatakan, terhitung mulai Februari 2013, Puskopanti mengakuisisi PT BPR Koperasi Jabar dengan melakukan penyertaan modal senilai Rp3,8 miliar. Atas penyertaan modal tersebut, maka Puskopanti saat ini menjadi pengendali utama PT PBR Koperasi Jabar.
 
Menurutnya, akuisisi Puskopanti di tengah kondisi BPR Koperasi yang ketika itu sangat membutuhkan suntikan modal untuk mengimbangi rasio kecukupan modal. "BPR Koperasi akan menjadi sektor usaha Puskopanti yang fokus menggarap sektor pembiayaan dan simpanan," jelas Andra pada acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BPR Koperasi di Hotel Horison, Bandung, Selasa (7/5/2013).
 
Andra menuturkan, Puskopanti mengambil keputusan melakukan akuisisi BPR Koperasi dalam rangka mengembangkan bisnis pembiayaan dan simpanan bagi pelaku UMKM dan koperasi di Jabar. Dia berharap, BPR Koperasi menjadi solusi bagi pelaku UMKM dan koperasi yang belum bankable.
 
BPR Koperasi, akan mengkaji skema kredit bagi pelaku UMKM agar akses kredit lebih mudah dan cepat. Termasuk mempermudah skema agunan. Dia mengakui, potensi market pembiayaan bagi pelaku UMKM dan Koperasi masih cukup besar.

Saat ini, lanjut dia, di Jabar terdapat sekitar 22 ribu koperasi. Mereka membutuhkan pinjaman modal untuk menjalankan usahanya. Begitupun dengan pelaku UMKM.


(izz)

views: 1.739x
Bagikan artikel ini :
shadow