Makro

Ini daerah pengendali inflasi terbaik

Rabu,  8 Mei 2013  −  11:29 WIB
Ini daerah pengendali inflasi terbaik
ilustrasi/Foto: Corbis

Sindonews.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution mengumumkan ada beberapa daerah dengan kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terbaik. Pemberian penghargaan berdasarkan pembagian wilayah dan tingkatan.

Hal tersebut diumumkan Darmin dalam sambutannya ketika membuka Rakornas IV TPID, di Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Menurut Darmin, pemberian penghargaan daerah dengan kinerja TPID terbaik ini sebagai tindak lanjut dari instruksi Wapres Boediono. Darmin berharap pemberian penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi daerah lain.

Dia merinci, daerah yang mendapat penghargaan TPID berdasarkan tingkat provinsi yaitu, wilayah Indonesia Timur diraih Nusa Tenggara Timur (NTT), kawasan Sumatera oleh Sumatera Utara, dan wilayah Jawa adalah Jawa Barat.

Sementara, untuk kabupaten/kota di wilayah Indonesia Timur yaitu Balikpapan, kawasan Sumatera diraih Medan, dan wilayah Jawa yaitu Cirebon.

"Semoga menjadi motivasi bagi daerah lain yang belum mendapat penghargaan," ujar Darmin dalam sambutannya.

TPID, lanjut Gubernur BI ini, sudah terbentuk di seluruh provinsi di Indonesia. Sedangkan untuk daerah tingkat II, TPID telah terbentuk sebanyak 53 dari 66 kabupaten/kota yang merupakan basis perlindungan inflasi berdasarkan sample data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

"Ke depan TPID akan didirikan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia," ujar Darmin yang beberapa minggu lagi akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur BI dan digantikan oleh Agus Martowardojo.


(izz)

views: 1.405x
shadow