Sektor Riil

Harga jengkol dan petai di Bandung melejit

Jum'at,  7 Juni 2013  −  13:16 WIB
Harga jengkol dan petai di Bandung melejit
ilustrasi/ist

Sindonews.com - Harga jengkol di kawasan Bandung Raya mencapai Rp50 ribu per kilogram (kg). Kenaikan harga jengkol terjadi sejak dua pekan terakhir.

"Sekarang harga per kilonya antara Rp45 ribu sampai Rp50 ribu," kata Humas Persatuan Pedagang Pasar dan Warung Tradisional (Pesat) Jabar, Yoyo Sutarya, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/6/2013).

Para pedagang pun banyak yang memilih tidak menjual jengkol. "Sekarang yang jualan jengkol tersisa sekitar 10 persen, sisanya 90 persen memilih tidak jualan jengkol," jelasnya.

Yoyo mengatakan, para pedagang yang selama ini berjualan jengkol ogah memaksakan diri menjual jengkol. "Barangnya susah. Kalau ada juga harganya mahal, susah menjualnya," ucap dia.

Selain jengkol, lanjut Yoyo, harga petai juga terus meroket. Saat ini, harganya di kisaran Rp5 ribu per tangkai atau biasa disebut per papan. "Sebelumnya, harga petai hanya Rp2 ribu per tiga papan, ada juga yang menjual Rp500 per papan," ujarnya.

Kenaikan harga petai menurutnya terjadi dalam kurun sebulan terakhir. Tapi dalam beberapa hari ini harganya terus melejit dan barangnya sulit didapat.

Dia mengaku tidak mengerti dengan kenaikan dan kelangkaan dua komoditi itu. "Selama puluhan tahun, baru sekarang naiknya sampai seperti ini, barangnya juga langka," katanya.


(izz)

views: 1.832x
shadow