Sektor Riil

Jelang kenaikan BBM, Kementerian ESDM gelontorkan Rp40 M

Rabu,  12 Juni 2013  −  16:23 WIB
Jelang kenaikan BBM, Kementerian ESDM gelontorkan Rp40 M
Ilustrasi

Sindonews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menggelontorkan anggarkan sebesar Rp30-40 miliar menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo mengakui bahwa anggaran tersebut salah satunya digunakan untuk sosialisasi kenaikan harga BBM bersubsidi. Kendati demikian, anggaran tersebut juga digunakan untuk berbagai macam kebutuhan selama proses berlangsung.

"Kita tunggu saja proses raker berjalan dengan komisi VII, komisi XI dan Banggar. Pemerintah optimis dalam waktu tidak begitu lama selesai," kata dia saat ditemui usai membuka peluncuran buku "Wajah Baru Industri Migas Indonesia" di SKK Migas, Jakarta, Rabu, (12/6/2013).

Di samping itu, dia menuturkan, secara operasional persiapan kenaikan BBM bersubsidi sudah melalui kajian yang matang. Kemudian, regulasinya juga telah disiapkan jauh-jauh hari.

"Pertamina juga sudah menyiapkan antisipasi mengenai jumlah cadangan yang diperlukan," kata dia.

Susilo menamahkan, pemerintah sedang gencar-gencarnya menyosialisaikan kenaikan harga BBM, di samping melakukan pembahasan APBN-P di parlemen. Begitu APBN-P disepakati oleh DPR, maka pemerintah akan segera mengumumkannya.

"Di APBN-P ini ada alokasi anggaran kompensasi. Begitu diumumkan, paginya masyarakat dapat langsung menguangkan," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, persiapan distribusi bantuan berupa beras miskin (raskin), beasiswa miskin, program keluarga harapan sudah disiapkan oleh pemerintah dengan belajar dari pemberian kompensasi sebelumnya, yakni melalui PT Pos Indonesia.


(rna)

views: 1.415x
shadow