Ekonomi Dunia

Huawei lepas smartphone high-end

Selasa,  18 Juni 2013  −  12:56 WIB
Huawei lepas smartphone high-end
Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - Raksasa telekomunikasi China, Huawei hari ini akan meluncurkan smartphone baru yang bakal bersaing di pasar high-end, bersama Apple dan Samsung.

Juru bicara Huawei, Roland Sladek mengatakan, pihaknya akan memperkenalkan Ascend P6 di London, Inggris, sebagai salah satu smartphone utama tahun ini.

Langkah tersebut sangat signifikan karena menandai peluncuran global di luar markas Huawei China dan akan menjadi acara tersendiri, tidak seperti peluncuran sebelumnya di industri pameran dagang.

Dow Jones Newswires melaporkan, tempat peluncuran dilaksanakan di Roundhouse London, tempat budaya legendaris yang sebelumnya telah menyelenggarakan acara ikon musik rock, seperti Jimi Hendrix dan Pink Floyd.

"Ini dirancang dengan sangat baik, sangat menarik - dari salah satu ponsel tertipis di dunia. Ini tentu akan bersaing dengan Apple, tetapi di luar itu benar-benar untuk konsumen yang mencari sepotong fashion modern," kata Sladek, seperti dilansir dari AFP, Selasa (18/6/2013).

Dimulai sebagai penyedia peralatan jaringan telekomunikasi, Huawei telah berusaha membuat terobosan di perangkat mobile dengan menjual smartphone di bawah merek sendiri selama tiga tahun terakhir.

Perusahaan yang didirikan mantan insinyur tentara China itu, telah menuai kontroversi di luar negeri. Kongres AS tahun lalu memperingatkan peralatan jaringan yang disediakan Huawei dapat digunakan untuk memata-matai dan menyerukan untuk ditendang dari kontrak-kontrak pemerintah dan akuisisi. Huawei pun membantah keras klaim tersebut dan menuduh pemerintah AS proteksionisme.

"Sebelumnya Huawei meluncurkan produk murah low-end. Peluncuran ponsel ini berkaitan dengan strategi Huawei," kata Wang Juni dari Analysys International.



(dmd)

views: 1.495x
shadow