Sektor Riil

Mendagri: BLSM jauh lebih baik daripada BLT

Rabu,  26 Juni 2013  −  11:43 WIB
Mendagri: BLSM jauh lebih baik daripada BLT
Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyebut, apabila dibandingkan dengan program dana kompensasi sebelumnya yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT), maka Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) ini jauh lebih baik.

"Kalau dibandingkan BLT yang dulu (BLSM) jauh lebih baik, karena dulu antrean yang panjang. Sekarang sudah tidak antre dan setiap warga mendapatkan satu kartu," ujarnya di gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Dia menilai, kesalahan penyaluran BLSM terhitung kecil karena semua masyarakat mendapatkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang memudahkan pendataan.

"Kesalahannya kecil sekali, karena dia megang kartu. Kalaupun dia punya kartu karena domisili, tergusur, atau meninggal dunia, itu yang diganti hanya penggantian KPS nya. Contohnya itu di Jakarta Pusat sebanyak 23 ribu sasaran di kecamatan Sawah besar, hanya 73 orang yang return (salah sasaran)," jelasnya.

Gamawan juga mengungkapkan, di tanggal 1 Juli nanti seluruh pemberian BLSM tahap pertama diharapkan sudah selesai. "Pada tanggal 1 Juli itu pemberian BLSM di 14 kota sudah mencapai 100 persen dan setiap hari bertambah wilayahnya. Jadi kalau ada berita di daerah belum selesai, memang belum gilirannya. Tetapi akan tuntas semua di tanggal 1 Juli," tandas Gamawan.


(gpr)

views: 650x
shadow