Sektor Riil

PT KAI perbaiki rel di Jombang

Kamis,  11 Juli 2013  −  11:50 WIB
PT KAI perbaiki rel di Jombang
Foto: Mukhtar Bagus

Sindonews.com - Menjelang arus mudik Lebaran tahun ini, pemerintah terus melakukan perbaikan infrastruktur jalan, termasuk rel kerata api. Seperti rel kereta api di Jombang, Jawa Timur (Jatim).
 
Di daerah tersebut, tidak hanya memperbaiki, namun batang besi rel juga diganti dengan ukuran yang lebih besar agar lebih aman dan nyaman. Persiapan penggantian rel kereta api sudah mulai dilakukan di sekitar Desa Sumbermulyo, Jombang mulai hari ini.

Puluhan batang besi rel sudah disiapkan para pekerja disekitar rel yang akan diganti. Penggantian ini dilakukan secara menyeluruh mulai dari wilayah stasiun curahmalang yang berbatasan dengan kabupaten mojokerto hingga ke Kota Jombang yang berjarak sekitar 40 kilometer.
 
Suwanji, petugas pengawas lapangan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengatakan, batang besi rel diruas jalur tengah ini akan diganti dari sebelumnya yang hanya bertipe 42 atau lebih kecil menjadi 54 atau lebih besar.
 
"Penggantian ini dilakukan bukan karena kondisi rel sebelumnya sudah rusak dan membahayakan. Namun untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat dilalui kereta api," ujarnya, Kamis (11/7/2013).
 
Dia memastikan, penggantian rel tidak akan mengganggu arus lalu lintas kereta. Karena prosesnya dilakukan saat kondisi jalur kosong atau tidak ada kereta yang melintas.

Pihaknya memperkirakan proses penggantian rel ini akan selesai dalam waktu satu pekan kedepan.


(izz)

views: 851x
shadow