Sektor Riil

Lebaran, kunjungan wisatawan di Sleman melebihi target

Jum'at,  16 Agustus 2013  −  16:31 WIB
Lebaran, kunjungan wisatawan di Sleman melebihi target
ilustrasi/ist

Sindonews.com - Kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata di Sleman selama libur Lebaran 2013 mencapai 145.718 orang. Jumlah ini lebih banyak dari target yang ditetapkan pemerintah kabupatan (Pemkab) setempat, yakni
100 ribu wisatawan.

Jumlah tersebut meningkat 45.718 wisatawan atau 45,7 persen dari target. Angka tersebut juga lebih banyak dari kunjungan wisatawan libur Lebaran tahun lalu. Data pemkab Sleman untuk jumlah kunjugan wisatawan libur Lebaran 2012 mencapai 117.749 orang. Sehingga jika dibandingkan dengan 2013 ada kenaikan 27.969 atau 23,75 persen.

Kepala Bagian Humas Pemkab Sleman, Endah Sri Widiastuti menjelaskan adanya peningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sleman ini juga tidak terlepas dari kedatangan pemudik ke wilayah DIY. Jumlah pemudik Lebaran di DIY pada tahun ini diperkirakan mencapai empat juta orang.

"Banyaknya pemudik ke DIY ini, bukan hanya menyebabkan kenaikan jumlah wisatawan di kabupaten Sleman, namun juga seluruh obyek wisata yang ada di DIY," kata Endah yang akrab disapa Uut ini, Jumat (16/8/2013).

Namun kenaikan ini tidak dibarengi dengan meratanya kunjugan wisatawan ke objek-objek wisata yang ada di Sleman. Sebab dari beberapa objek wisata yang ada di Sleman, tujuan utama para wisawatan masih ke objek wisata Kaliurang, Prambanan dan lava tour Merapi.

Sedangkan di objek wisata lainnya masih sepi dari kunjungan wisatawan. Misalnya untuk Kaliurang selama empat hari, yaitu mulai Kamis-Minggu (8-11/8/2013) wisatawan yang berkunjung ke Kaliurang tercatata 25.606 orang. Untuk objek wisata lain masih di bawah 100 orang.

Uut mengatakan, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sleman, Pemkab terus berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan.  Termasuk selalu mengupdate dan menginformasikan tentang agenda dan paket-paket wisata yang ada di Sleman. 

Sehingga dengan langkah ini bukan saja mengenalkan, namun objek wisata tersebut juga dikunjungi. Baik saat liburan, maupun hari-hari biasa. "Langkah ini juga diharapkan para wisatawan yang berkunjung ke Sleman dapat menikmati semua obyek wisata secara aman dan nyaman," pungkas dia.


(izz)

views: 673x
Bagikan artikel ini :
shadow