BPR DIY siap-siap naikkan suku bunga kredit

Senin, 02 September 2013 - 18:08 WIB
BPR DIY siap-siap naikkan suku bunga kredit
BPR DIY siap-siap naikkan suku bunga kredit
A A A
Sindonews.com - Kalangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di DI Yogyakarta (DIY) bersiap-siap menaikkan suku bunga kredit dan deposito. Hal ini menyusul kebijakan naiknya suku bunga (BI Rate).

Ketua Perhimpunan Bank Perkreditan Indonesia (Perbarindo) DIY, Teddy Alamsyah mengatakan, kalangan perbankan pasti akan menyesuaikan terhadap suku bunga yang ada. Baik itu dalam hal pencairan kredit maupun dalam menghimpun dana pihak ketiga (DPK) baik tabungan dan deposito.

"Bank umum itu sudah mulai menyesuaikan, tentu kami akan mengikuti dalam satu dua bulan kedepan," jelas Teddy, Senin (2/9/2013).

Salah satu prinsip yang akan dilakukan kalangan BPR adalah melakukan upaya kehati-hatian. Mengacu aturan yang ditetapkan lembaga penjamin simpanan (LPS) deposito bisa dilakukan dengan tigkat suku bunga hingga 8,75 persen dan kredit hinga 1,3 persen.

Kebijakan itu, kata Dirut BPR Danagung Ramuti ini, pasti akan berpengaruh terhadap pertumbuhan kredit. Jika selama ini tumbuh hingga 20-23 persen, kenaikan suku bunga bisa memengaruhi hingga 17 persen.

"Memang kredit masih akan tumbuh, hanya pertumbuhannya akan melambat," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6592 seconds (0.1#10.140)