Sektor Riil

10 September 2013

Terminal internasional Ngurah Rai mulai dipindah

Jum'at,  6 September 2013  −  19:24 WIB
Terminal internasional Ngurah Rai mulai dipindah
Foto: Heru Febrianto/Koran Sindo

Sindonews.com - PT Angkasa Pura I (Persero) menyatakan terminal internasional terbaru di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan mulai dioperasikan pada Selasa 10 September 2013.

General Manager Bandara Ngurah Rai, Purwanto mengatakan dengan dioperasikannya terminal baru tersebut, maka perpindahan penumpang kedatangan internasional ke terminal baru akan dilakukan pada 10 September. Selanjutnya, penumpang keberangkatan internasional juga akan dilakukan sehari setelah itu.

"Meski direncanakan diresmikan 12 September nanti, pengoperasian secara total terminal penumpang ini baru bisa dilakukan pada Mei 2014," kata Purwanto usai menghadiri media gathering Angkasa Pura I di Denpasar, Bali, Jumat (6/9/2013).

Proyek pengembangan bandara Ngurah Rai menelan investasi Rp2,8 triliun. Pekerjaan fisik proyek ini dimulai sejak Mei 2011 dengan melibatkan lebih dari 4 ribu orang pekerja. Dengan pengembangan ini, maka kapasitas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan mampu melayani 25 juta orang penumpang per tahunnya, dari sebelumnya yang melayani 14 juta penumpang per tahun.

"Rencananya kalau tidak ada kendala akan diresmikan bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 12 September nanti," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Tommy Soetomo ditempat yang sama.

Sejauh ini dikatakan Tommy fisik pembangunan bandara ini sudah 95 persen rampung, namun pada tanggal 12 September nanti tidak semua penerbangan langsung dberlakukan. Mengingat masih ada beberapa bagian yang sedang dalam tahap pengerjaan.

"Tinggal 5 persen lagi lah, tinggal finising (tahap akhir) saja, tanggal 12 September sudah bisa digunakan dari sisi komersial. Nanti akan dioperasikan yang kedatangan tapi itu masih sebagian," terangnya.


(gpr)

views: 1.374x
shadow