Angka pengangguran di Australia tertinggi dalam 4 tahun

Kamis, 12 September 2013 - 12:40 WIB
Angka pengangguran di Australia tertinggi dalam 4 tahun
Angka pengangguran di Australia tertinggi dalam 4 tahun
A A A
Sindonews.com - Tingkat pengangguran di Australia naik tipis menjadi 5,8 persen pada Agustus 2013, level yang tidak pernah terlihat sejak krisis keuangan global, dengan ekonomi lesu hanya menambah 10.800 pekerjaan.

Dilansir dari AFP, Kamis (12/9/2013), Biro Statistik Australia mengatakan, disesuaikan musiman angka pengangguran meningkat 0,1 persen, naik dari 5,7 persen pada Juli. Hasil dari kerugian kerja penuh dan paruh waktu tersebut merupakan yang tertinggi dalam 4 tahun atau sejak Agustus 2009.

Tingkat lapangan kerja, sejalan dengan perkiraan analis, bahwa ekonomi menciptakan 10.000 pekerjaan. Sedangkan proporsi penduduk yang mencari pekerjaan jatuh, pertanda bahwa orang-orang menyerah mencari pekerjaan.

Perlambatan pertumbuhan di pasar ekspor utama China dan anjloknya harga komoditas telah memukul sektor pertambangan utama Australia. Bank sentral telah memperingatkan, Asia sebagai sumber pendorong booming investasi selama satu dekade telah mencapai puncaknya.

Data lain, inflasi hanya 0,4 persen pada kuartal April-Juni 2013, karena rumah tangga memilih menabung daripada menghabiskan uang. Sementara ekonomi hanya berkembang 0,6 persen.

Australia kini menghadapi transisi bergelombang menuju kendali pertumbuhan lainnya di sektor belanja konsumen dan non tambang, dengan memangkas suku bunga ke rekor terendah 2,5 persen.

"Jika Anda melihat pertumbuhan ekonomi, kita sedang berjalan di bawah tren, dan sebagai konsekuensinya ada perbedaan suram dalam perekonomian serta kesempatan kerja mengering," kata analis JP Morgan, Tom Kennedy.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4925 seconds (0.1#10.140)