Sektor Riil

Digital society Telkom rambah masyarakat Pamekasan

Minggu,  15 September 2013  −  15:02 WIB
Digital society Telkom rambah masyarakat Pamekasan
Foto: Nurul Arifin/Okezone

Sindonews.com - Dalam rangka penetrasi internet di Jawa Timur, digital Society PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merambah Kabupaten Pamekasan. Bahkan, Pamekasan menjadi satu-satunya Kabupaten di Pulau Madura yang digenjot dengan penambahan sejumlah titik Wifi.

Peluncuran Pamekasan Digital Society (Padiso) di alun-alun 'Arek Lancor'. Deputi Eksekutif General Manager Divisi Telkom Timur Bagyo Nugroho mengatakan, digital society dibangun Kabupaten Pamekasan ini karena Kepala Daerah sangat menyadari pentingnya teknologi informasi di segala bidang.

"Dengan memanfaatkan teknologi akan membuat tata kelola pemerintahan yang baik, tentunya akan membawa dampak kemajuan bagi masyarakat Pamekasan," kata Bagyo saat peluncuran Padiso, Minggu (15/9/2013).

Padiso ini, lanjut Bagyo, PT Telkom telah menginstalasi internet broadband (kecepatan tinggi) di 3 area publik. Tempat tersebut berada di area Arek Lancor Cyber Park, Pendopo Kabupaten dan kawasan kantor Telkom setempat.

Kemudian, mengoneksikan sekolah-sekolah di Pamekasan dan menjadikannya sebagai koneksi Indischools (Indonesia Digital Schools). Targetnya, adalah menjadikan generasi muda Pamekasan lebih berdaya saing dan kompetitif di dunia luar.

"Saat ini sudah ada 10 sekolah yang terkoneksi dengan jaringah indischool. Ditargetkan pada 2014 bisa mencapai 300 sekolah," jelasnya.

Tak hanya itu, kemajuan di bidang perekonomian juga digarap di Padiso. Salah satunya yakni pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Go Online.

Sejumlah UKM di Kabupaten Pamekasan akan digunakan sistim online untuk pemasaran produk. Mereka para UKM akan terbangun menjadi sebuah direktori bisnis secara online. Hingga saat ini sudah terdapat 186 UKM yang tergabung dalam direktori bisnis tersebut. "Akhir tahun ini ditergetkan mampu menggaet 680 UKM se Kabupaten Pamekasan," ujarnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, rencana jangka panjang dengan menghubungkan seluruh kota Kabupaten di Indonesia dalam konsep digital society. Tak hanya menyediakan jaringan akses broadband handal, tapi juga sejumlah aplikasi yang ditumpangkan di atas jaringan pita lebar.


(gpr)

views: 1.870x
shadow