Deddy Mizwar: Indonesia perlu mobil nasional murah

Kamis, 19 September 2013 - 16:01 WIB
Deddy Mizwar: Indonesia perlu mobil nasional murah
Deddy Mizwar: Indonesia perlu mobil nasional murah
A A A
Sindonews.com - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), Deddy Mizwar mengatakan, Indonesia perlu memiliki mobil nasional dengan harga terjangkau.

Sebab selama ini Indonesia tidak pernah memiliki mobil nasional. Sebaliknya, mobil buatan negara lain semakin banyak di Indonesia.

"Kita di sini dijajah asing terus kan, enggak pernah ada mobil nasional," kata Deddy di Gedung DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (19/9/2013).

Dia justru mempertanyakan banyaknya para ahli di Indonesia yang mampu membuat pesawat terbang canggih. "Orang Indonesia sudah bisa bikin pesawat, masa enggak bisa bikin mobil. Ada apa selama ini tidak ada mobil (nasional) di Indonesia," ungkapnya.

Dengan jumlah penduduk yang besar dan banyaknya para ahli, Indonesia justru ketinggalan negara lain. Dia mencontohkan Malaysia yang sudah memiliki mobil nasional.

Meski demikian, Deddy menyebut mobil nasional itu nantinya bukan hanya harus murah, tapi harus didukung dengan teknologi keselamatan yang memadai. "Bukan sekadar mobil murah lantas seperti 'Ferrarinya' Pak Dahlan (Iskan) kan. Tapi bagaimana sisi keamanannya," tuturnya.

Selain itu, berbagai fasilitas penunjang lain juga harus baik. Misalnya sarana dan prasarana lalu lintas. Disinggung apakah keberadaan mobil nasional yang harganya terjangkau akan membuat kemacetan di mana-mana, Deddy menyebut hal itu harus dipikirkan pemerintah.

Dia pun mencontohkan Malaysia dan Singapura yang sudah memiliki mobil nasional tapi lalu lintasnya tetap baik. Salah satu solusi yang ditawarkannya adalah dengan membuat aturan seseorang tidak boleh memiliki mobil lebih dari satu atau pajaknya dibuat sangat mahal.

"Bagaimana mengatasi itu, harus dibuat aturan baru lagi. Tapi mobil nasional perlu enggak? Sangat perlu menurut saya," pungkas Deddy.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2587 seconds (0.1#10.140)