Dua daerah di Jabar ajukan operasi pasar murah

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 13:41 WIB
Dua daerah di Jabar ajukan operasi pasar murah
Dua daerah di Jabar ajukan operasi pasar murah
A A A
Sindonews.com - Jelang Idul Adha, dua daerah di Jawa Barat mengajukan pelaksanaan operasi pasar murah (OPM) kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat.

"Terkait OPM, ada dua daerah yang mengajukan, yaitu Kota Bogor dan Kabupaten Bogor," kata Kadisperindag Jawa Barat, Ferry Sofwan di Bandung, Jumat (4/10/2013).

Dua daerah itu mengajukan OPM untuk empat komoditi sekaligus yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, dan telur ayam. Hal tersebut untuk mengantisipasi lonjakan harga jelang Idul Adha.

Harga empat komoditi itu akan disubsidi oleh pemerintah jika dilakukan OPM. Sehingga masyarakat bisa membeli empat komoditi itu dengan harga di bawah harga pasaran.

Ferry mengatakan, pelaksanaan OPM Kepokmas bisa dilakukan dalam tiga momentum yaitu saat Ramadan, jelang Idul Fitri, dan jelang hari besar keagamaan. "Jadi OPM kali ini adalah pelaksanaan ketiga," ungkapnya.

Untuk OPM Kepokmas tahun ini, Disperindag mengalokasikan anggaran hingga Rp10 miliar. "Yang sudah terserap sekira Rp2,6 miliar. Ini cukup menggembirakan karena dibanding tahun-tahun lalu biasanya terserap tidak sampai Rp200 juta," jelasnya.

Dalam setiap pelaksanaan OPM, Ferry menyebut kucuran dana yang diberikan ke kabupaten/kota bervariasi. "Ada yang hanya Rp200 juta, ada juga yang Rp900 jutaan," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5745 seconds (0.1#10.140)