Pengangguran di Australia September turun jadi 5,6%

Kamis, 10 Oktober 2013 - 11:33 WIB
Pengangguran di Australia September turun jadi 5,6%
Pengangguran di Australia September turun jadi 5,6%
A A A
Sindonews.com - Tingkat pengangguran di Australia pada September 2013 turun menjadi 5,6 persen, mundur dari angka tertinggi dalam empat tahun dengan penciptaan 9.100 pekerjaan.

Tingkat pengangguran disesuaikan musiman berkurang dari Agustus, yang berada di angka 5,8 persen, tingkat yang tidak pernah terlihat sejak krisis keuangan global karena ekonomi energi pertambangan Australia menghadapi puncaknya dalam investasi sumber daya akibat perlambatan harga komoditas.

Analis memperkirakan pengangguran stabil 5,8 persen, namun penurunan tingkat partisipasi - biasanya ditafsirkan sebagai bukti pencari kerja menyerah mencari pekerjaan - dan lonjakan pekerjaan terkait dengan pemilihan umum pada 7 September, berarti hasilnya melebihi perkiraan.

"Angka-angka tenaga kerja bulan lalu dan bulan ini sedikit terbantu dengan pemilu," kata ekonom National Australia Bank, David de Garis, seperti dilansir dari AFP, Kamis (10/10/2013).

"Peningkatan terbaru dalam kepercayaan dan stabilisasi kondisi pasar tenaga kerja disambut baik, namun masih hanya bukti sementara bahwa kegiatan ekonomi membaik dari tingkat bawah," kata ekonom ANZ, Justin Fabo.

Perlambatan pertumbuhan di pasar ekspor utama China dan anjloknya harga komoditas telah memukul sektor pertambangan utama Australia.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5948 seconds (0.1#10.140)