Kebutuhan garam sektor industri cukup tinggi

Rabu, 30 Oktober 2013 - 17:38 WIB
Kebutuhan garam sektor industri cukup tinggi
Kebutuhan garam sektor industri cukup tinggi
A A A
Sindonews.com - Ketua Asosiasi Petani Garam Seluruh Indonesia (APGASI) Jabar M Taufikkurahim mengatakan, kebutuhan garam sektor industri cukup besar. Namun, rendahnya produksi garam dalam negeri belum mampu memenuhi kebutuhan garam nasional.

Menurut dia, akibat merosotnya produksi garam di Jawa Barat (Jabar), suplai garam lokal ke sektor industri dan masyarakat semakin terancam. Padahal, kebutuhan garam di Jabar sangat tinggi. Industri tekstil setiap tahunnya menyerap sekitar 60 persen dari total produksi garam di Cirebon.

Satu industri bisa membutuhkan sekitar 24 ribu ton garam per tahun. Apabila di total, kebutuhan garam untuk industri sekitar 400 ribu sampai 500 ribu ton per tahun. Sementara, konsumsi garam di masyarakat rata-rata mencapai 3 kg per tahun per kapita.

"Untuk memenuhi kekurangan suplai garam, biasanya mengandalkan impor dari Australia," imbuh kata dia di Bandung, Rabu (30/10/2013).

Pihaknya berharap ada kepedulian pemerintah dalam hal teknologi pengolahan garam, agar produksi garam nasional bisa digenjot. upaya tersebut diharapkan meningkatkan produksi garam lokal.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4867 seconds (0.1#10.140)